Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

BI Sultra Siapkan Rp 2,4 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyediakan uang tunai sebesar Rp 2,4 triliun berbagai pecahan untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijiriah.

“Namun, uang yang keluar melalui perbankan baru 10 persen dari total yang disediakan, atau realisasi penarikan oleh perbankan masih cukup rendah dibandingkan dengan proyeksi yang dibuat oleh perbankan sejak awal periode ramadan,” jelas Kepala KPwBI Sultra, Suharman Tabrani saat ditemui awak media di kantornya, Kamis (23/5/2019).

Belum banyak uang oleh perbankkan, kata Tabrani, karena tunjangan hari raya (THR) Aparatur Sipil Negara (ASN) belum cair pada minggu ketiga ramadan ini. “Diperkirakan minggu depan baru meningkat permintan uang tunai oleh perbankan,” ujarnya.

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan uang layak edar, BI Sultra juga rutin mengadakan kegiatan penukaran uang bekejasama dengan seluruh perbankkan di Sultra.

“Saat ini sudah dilakukan lima kali penukaran dengan modal Rp 500 juta dari BI dan Rp 250 juta dari tiap Bank setiap pelaksanaan penukaran uang. Saat ini outflow (uang keluar) BI baru sekitar Rp 9 miliar dari persediaan uang tunai menjelang ramadan dan Idul Fitri,” pungkasnya.

Laporan: Wa Rifin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.