SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH - Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mencatat, sebanyak 36 pria menggunakan KB atau alat kontrasepsi khusus pria.

BKKBN Buteng: 36 Pria Gunakan KB, Sebelumnya Tidak Ditemukan
Kepala BKKBN Buton Tengah, La Uke (Foto: Ali Tidar/SULTRAKINI.COM)

Penggunaan KB bagi pria, dianggap suatu kemajuan dari hasil sosialisasi kepada masyarakat oleh petugas BKKBN. Sebab, sebelumnya para pria di daerah tersebut, belum pernah ditemukan menggunakan alat kontrasepsi.

36 pria ini berasal dari Kecamatan Masteng 26 orang, Sangia Wambulu enam orang, Lakudo dua orang, dan masing-masing satu orang dari Kecamatan Gu dan Kecamatan Mawasangka.

Menurut Kepala BKKBN Buteng, La Uke, jumlah itu masih akan bertambah seiring dilakukannya sosialisasi di sejumlah daerah. Seperti di Kecamatan Mawasangka Tengah yang dijadwalkan 27 Oktober mendatang.

"Besok juga itu masih ada tambahan, yakni sekitar empat orang, satu dari Mastim (Mawasangka Timur) tiganya dari Masteng (Mawasangka Tengah)," terang La Uke, Kamis (26/10/2017).

Ditambahkannya, Kecamatan Masteng merupakan terbanyak menggunakan KB. Dikarenakan kegiatan sosialisasi tingkat kabupaten maupun provinsi selalu melibatkan para pria.

"Jadi, pencapaian taget yang telah porsikan oleh pusat, sudah mencapai 50 persen peserta KBnya," jelas La Uke.


Laporan: Ali Tidar

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations