BKKBN Butur Lakukan Pelayanan KB dalam Peringatan Harganas ke-27

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara melakukan pelayanan sejuta akseptor KB secara serentak di enam kecamatan, Senin (29/6/2020).

Kegiatan Harganas juga dipantau Kepala BKKBN Butur, Sarif ketika pelayanan KB di Puskesmas Kulisusu dan Puskesmas Bone Rombo.

Menurut Sarif, pelayanan satu juta akseptor KB serentak berlangsung di seluruh Indonesia. Untuk di Butur, target IUD/implant sejumlah 45, suntik 77, dan target pil/kondom sebanyak 438.

“Ini dilaporkan oleh kami sejak jam 8 sampai jam 4 sore, jadi itu online. Setiap selesai pekerjaan dilaporkan secara online dan ini ada satu tempat yang kita tunjuk untuk melakukan secara online,” ujar Sarif.

Lebih lanjut, Sarif, menambahkan untuk di kabupaten Butur ada enam kecamatan, untuk pelayanan kesehatan ada 11 pelayanan kesehatan melakukan akseptor KB, di wilayah kerja masing-masing.

gemilang simpeda bank sultra

“Enam kecamatan ini melapor ke koordinatornya dan ada link yang dilaporkan ke pusat, dan Buton Utara memenuhi target,” tambahnya.

Pihaknya berharap dalam kondisi negara dilanda pandemi Covid-19, sebagaimana dalam label tunda dulu kehamilan di masa Covid-19.

“Bukan menghalangi untuk tidak hamil, tetapi mengatur jarak, jadi kalau untuk hamil silakan bagi yang punya keinginan, tentu saja ini kan hanya merenggangkan waktu dari anak pertama sampai anak kedua dan selanjutnya,” ucapnya.

Menurutnya, selama pandemi Covid-19 angka kehamilan meningkat. Namun, secara persentase dirinya belum bisa menjelaskannya.

“Artinya dengan kondisi kita sedang berada di rumah tentu saja itu intensitas kehidupan rumah tangga akan berbeda,” ujarnya. (C)

Laporan: Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

Klik untuk daftar event

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.