BKN RI Sosialisasikan Aplikasi E-Kinerja ASN di Buteng

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia (RI) melakukan sosialisasi Aplikasi E-Kinerja kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) di Gedung Az-Zahra, Kecamatan Lakudo, Kamis (6/9/2018).

Aplikasi E-Kinerja yang berbasis online ini disosialisasikan langsung oleh Direktur Kinerja ASN BKN RI, Neni Rosianti yang bekerjasama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buteng.

Dalam penjelasannya, Neni Rosianti, mengatakan Aplikasi E-Kinerja akan memuat catatan harian semua ASN Buteng sehingga dapat memudahkan seorang pemimpin daerah untuk mengontrol dan mengawasi kinerja ASN-nya.

Sementara itu, Kepala BKSDM Kabupaten Buteng, Samrin Saerani, mengatakan kurangnya pemahaman terhadap tugas dan disiplin PNS ini, disebabkan penilaian kinerja dari pimpinan tidak berjalan dengan baik. Sehingga sasaran yang akan dikerjakan oleh ASN tersebut tidak terarah dengan baik.

“Jadi kedepannya, kami akan buatkan Perbub untuk penilaian kinerja dan kedisiplinan, jika kinerja ASN-nya bagus, maka kami akan berikan tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) kepada ASN tersebut, jika tidak, dia tidak dapat,” tuturnya saat dikonfirmasi SultraKini.com usai pelaksanaan sosialisasi.

Jika ASN tidak disiplin, lanjutnya Samrin, maka akan diberi sanksi berupa penundaan kenaikan pangkat, penundaan pembayaran gaji, hingga pemecatan.

“jadi, melalui aplikasi itulah ukuran kinerja dan kehadirannya dapat dinilai oleh pemimpin, apakah ASN tersebut layak mendapat TPP atau tidak,” ujarnya.

Samrin mengatakan aplikasi E-Kinerja tersebut baru akan digunakan pada Tahun 2019. Dengan itu, ia berharap, selain bisa mempermudah pengontrolan yang dilakukan oleh pemimpin, juga bisa berdampak positif kepada semua ASN dalam memperbaiki kinerja dan kedisiplinanya.

“Sehingga Buteng bisa berkembang dengan baik, dan sejajar dengan daerah-daerah lain,” pungkasnya

Senada dengan hal itu, Wakil Bupati Buteng La Ntau mengharapkan, dengan hadirnya aplikasi E-Kinerja ini, semoga para ASN Buteng dapat meningkatkan kinerjanya dan kedisiplinannya, dan dapat bekerja secara maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Sehingga Buteng dapat bersaing dengan daerah lain, dan dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius,” harap La Ntau saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi E-Kinerja.

Laporan: Ali Tidar
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.