SUARA

Black Box CVR Lion Air JT 610 Ditemukan

SULTRAKINI.COM: Penyelam TNI AL menemukan black box berisi cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Kepala Dinas Penerbangan, Komando Armada I TNI AL Letkol Laut Agung Nugroho, menerangkan black box ditemukan pada Senin (14/1/2019) pagi.

“Iya, ditemukan pukul 09.10 oleh penyelam Kopaska dan Dislambair,” jelas Agung kepada wartawan, Senin (14/1).

Meski titik persis ditemukannya black box tidak diketahui. Namun benda tersebut ditemukan tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di atas kedalaman 30 meter.

yamaha

CVR merupakan alat untuk merekam percakapan antara pilot, ko pilot, dan transmisi radio dan suara mesin. CVR menjadi satu dari dua black box yang wajib ada dalam operasional pesawat. Black box lainnya adalah Flight Data Recorder (FDR) yang memonitor beberapa parameter, seperti ketinggian, arah angin, dan kecepatan.

FDR Lion Air ditemukan pada Kamis, 1 November 2018 atau empat hari setelah pesawat jatuh.

Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 sebelumnya jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada 29 Oktober 2018. Pesawat dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang tersebut jatuh dan menewaskan 196 orang.

Sumber: Kompas
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.