Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

BLUD RS Konawe Kini Terakreditasi Paripurna

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Kabupaten Konawe meraih akreditasi tingkat paripurna alias bintang 5 versi Standar Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi 1 tahun 2018 yang terdiri dari 16 BAB standar akreditasi, 339 standar penilaian dan 1354 elemen penilaian. Hal ini menjadikan BLUD Konawe menjadi salah satu dari dua yang berakreditasi paripurna di Sulawesi Tenggara, selain RS Bahtermas.

“Masyarakat bisa merasakan pelayanan bintang lima seperti di kota-kota besar. Ini bukan akhir, tapi awal yang baik. Semua punya peran dan alhamdulillah hasilnya memuaskan. Bagaimana mempertahankan? Lakukan apa yang dikatakan dan diperintahkan oleh tim akreditasi,” ucap Direktut BLUD RS Konawe, dr. H,M. Agus Lahida, MMR, Rabu (3/7/2019).

BLUD Konawe mengikuti proses akreditasi perdana yang dilaksanakan Kementeria Kesehatan melalui tim khusus Komite Akreditasi Rumah sakit (KARS).

Akreditasi ini dipimpin langsung Direktut BLUD RS Konawe, dr. H,M. Agus Lahida, MMR di didampingi dr. Hilma Yuniar Thamrin, M.Kes, Sp.PK sebagai Ketua Tim Akreditasi BLUD RS Konawe.

Ns. Armia Rahayu menjelaskan, persiapan akreditasi ini sejak 2014, namun terdapat berbagai kendala menyebabkan akreditasi dimulai sejak gedung baru BLUD RS Konawe dibangun.

“Sebelum final survei pemantapan kegiatan akreditasi, BLUD RS Konawe melakukan berbagai kesiapan, seperti bimbingan langsung dari KARS oleh rumah sakit Sanga Bali sehingga melakukan Survei Simulasi (SURSIM) dari KARS,” jelas Armia Rahayu dalam keterangan tertulisnya.

Proses akreditasi ini melibatkan seluruh elemen yang terdapat dalam BLUD, mulai dari pegawai lingkup medis hingga non medis, hal ini mengingat pentingnya hubungan baik antar BAB yang saling mempengaruhi.

“Peran Pemda Konawe begitu berpengaruh atas hasil akreditasi ini dan mendukung segala upaya peningkatan layanan di BLUD RS Konawe, di antaranya membangun RS Konawe baru dengan fasilitas lengkap, sehingga menjadi faktor penilaian penting dari akreditasi,” tambahnya.

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.