Pilkada koltim

BMKG Prakirakan Rawan Banjir September 2020 Terjadi di 5 Wilayah di Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Konawe Selatan memperkirakan tingkat kekeringan dan kebasahan periode tiga bulanan pada Juli-September 2020 di Sulawesi Tenggara dengan metode Standardized Precipitation Index (SPI).

Tercatat prakiraan tingkat kekeringan dan kebasahan periode Juli-September 2020 pada kategori normal terjadi di Baubau, Bombana, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Muna, Muna Barat, dan Wakatobi.

“Sedangkan kategori agak basah terjadi di Kabupaten Bombana, Kota Kendari, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe Utara,” tambah Kepala Stasiun Klimatologi Konawe Selatan, Aris Yunatas, Kamis (20/8/2020).

Sementara prakiraan BMKG Stasiun Klimatologi Konawe Selatan, daerah tingkat potensi rawan banjir pada September 2020 di wilayah Sultra terjadi di beberapa daerah.

“Prakiraan potensi rawan banjir kategori menengah, yakni di Kabupaten Kolaka Utara, Kecamatan Lasusua dan Kabupaten Konawe, Kecamatan Lambuya, Latoma, Routa, dan Tongauna,” jelasnya.

Sedangkan tingkat potensi rawan banjir rendah, tercatat di Kabupaten Konawe, Kecamatna Abuki, Anggaberi, Bondoala, Kapoiala, Lambuya, Latoma, Pondidaha, Routa, Sampara, Tongauna, Unaaha, dan Wonggeduku.

Pilkada

Kemudian Kabupaten Konawe Selatan di Kecamatan Andoolo, Kolono, Konda, Laeya, Lalembuu, Laonti, Moramo, Moramo Utara, dan Mowila. Kabupaten Konawe Utara di Kecamatan Andowia, Asera, Landawe, Langgikima, Oheo, Wiwirano. Kota Kendari di Kecamatan Baruga, Kadia, Kambu, Kendari, Kendari Barat, Mandonga, Poasia, Wua-wua.

SPI adalah indeks yang digunakan untuk menentukan penyimpangan curah hujan terhadap normalnya, dalam suatu periode waktu yang panjang. Nilai SPI dihitung menggunakan metode statistik probabilistik distribusi gamma.

Berdasarkan nilai SPI ditentukan tingkat kekeringan dan kebasahan dengan kategori sebagai berikut. (C)

Tingkat Kekeringan
1) Sangat Kering : Jika nilai SPI ≤ -2.00
2) Kering : Jika nilai SPI -1.50 s/d -1.99
3) Agak Kering : Jika nilai SPI -1.00 s/d -1.49

Normal : Jika nilai SPI -0.99 s/d 0.99
Tingkat Kebasahan
1) Sangat Basah : Jika nilai SPI ≥ 2.00
2) Basah : Jika nilai SPI 1.50 s/d 1.99
3) Agak Basah : Jika nilai SPI 1.00 s/d 1.49

Laporan: Wa Rifin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.