BP Jamsostek Sultra: Nelayan Penting Memiliki Tabungan dan Jaminan Hari Tua

  • Bagikan
Para nelayan di Kendari saat mengikuti sosialisasi BP Jamsostek Cabang Sultra, (Foto: Ist)
Para nelayan di Kendari saat mengikuti sosialisasi BP Jamsostek Cabang Sultra, (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BP Jamsostek) Cabang Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan sosialisasi Gerai Kepesertaan Asuransi dan Jaminan Hari Tua Kepada Nelayan di Kota Kendari, Senin (14/6/2021).

Sosialisasi yang dilaksanakan pada Ruang Rapat Pelabuhan Perikanan Samudera Kota Kendari ini dihadiri oleh beberapa pihak, diantaranya ada dari pihak nelayan, pejabat dan pegawai Pelabuhan Perikanan Samudera Kota Kendari, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara, Dinas Perikanan Kota Kendari, dan Penyedia Asuransi Nelayan lainnya.

Sosialisasi yang dihadiri sekitar 70 nelayan yang memiliki kapal dibawah 5 gross ton (Gt) ini merupakan tindak lanjut program Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk memberikan Program Jaminan Hari Tua kepada Nelayan. Dimana nelayan yang sebelumnya terdaftar pada program manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dikenalkan pada Manfaat Jaminan Hari Tua yang sifatnya sebagai tabungan.

Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari, Ir Mansur menyampaikan keinginannya agar seluruh nelayan tidak hanya memiliki perlindungan terhadap resiko kecelakaan kerja dan kematian. Tetapi juga mengharapkan setiap nelayan memiliki tabungan yang cukup apabila sewaktu-waktu telah berhenti sebagai nelayan.

“Tujuan sosialisasi ini satu, yaitu nelayan dapat aman dalam bekerja dan sejahtera di hari tua,” tuturnya.

Dihubungi di tempat terpisah, Kepala BP Jamsostek Provinsi Sulawesi Tenggara,
Minarni Lukman mengatakan, berdasarkan data yang telah dihimpun BP Jamsostek, sampai saat ini terdapat sekitar 5.000 nelayan yang terdaftar dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan BP Jamsostek.

“Dimana nelayan tersebut seluruhnya baru terdaftar kedalam 2 program manfaat, yaitu manfaat jaminan kecelakaan jerja dan jaminan kematian,” ungkapnya.

Minarni bilang, untuk mendapatkan manfaat program jaminan sosial hari tua ini, BP Jamsostek Sulawesi Tenggara telah menempatkan petugas pendaftaran kepesertaan di Kantor Pelabuhan Perikanan Samudera, sehingga nelayan lebih mudah dalam mendaftar pada program tersebut.

Selain itu, Wanita yang pernah menjabat sebagai Kepala Cabang BP Jamsostek Cabang Makassar ini juga menyampaikan, sangat memiliki harapan yang sama dengan Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera yaitu ingin seluruh nelayan mendapatkan kesejahteraan yang layak sampai hari tua nanti.

“Saya memastikan Jaminan Hari Tua BP Jamsostek sangat jauh lebih layak dibandingkan asuransi lain, bukan hanya karena selain kami satu-satunya badan negara yang mengelola jaminan sosial ketenagakerjan, tapi juga dari segi iuran kami jauh lebih kecil dan dari segi manfaat kami jauh lebih besar,” tutupnya.

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan