SUARA

BPBD Konawe Siaga Banjir

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, Sulawesi Tenggara menginstruksikan jajarannya meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi kemungkinan terulangnya bencana banjir seperti 2019.

Hujan dengan intensitas rendah dan sedang seringkali terjadi sejak sebulan terakhir di Kabupaten Konawe. Hal tersebut dikhawatirkan menyebabkan meluapnya air hingga berakibat banjir.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Konawe, Samsul, mengatakan saat ini pihaknya semakin waspada menghadapi potensi datangnya banjir yang biasa terjadi saat musim penghujan.

“Sudah ada tim reaksi cepat (TRC) BPBD Konawe ada 40 personel di dalamnya. Ketika terjadi banjir, mereka siap turun membantu warga yang tertimpah musibah,” ujar Samsul, Rabu (17/6/2020).

yamaha

Aspek kesiapan sumber daya manusia (SDM) di BPBD Konawe, lanjutnya, telah terlatih untuk dipersiapkan menanggulangi musibah.

Sementara kesiapan fasilitas penanganan banjir juga disiagakan untuk mendukung kelancaran kerja personel TRC. Misalnya, dua unit perahu polietilen (perahu boat), dua unit perahu katamaran, serta empat unit perahu karet namun saat ini kondisinya mengalami kebocoran.

“Langkah-langkah antisipasi yang dilakukan BPBD Konawe, misalnya melakukan penyebaran papan informasi imbauan di beberapa titik di kecamatan se-Konawe. Utamanya, di wilayah yang memang langganan banjir misalnya di Kecamatan Lambuya, Asinua, dan Soropia,” tambahnya. (C)

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.