BPBD Konsel Kekurang Petugas Penanganan Korban Bencana

  • Bagikan
Kabid Kedaruratan Logistik BPBD Konsel, Sumartono. (Foto: Dok/SULTRAKINI.COM).
Kabid Kedaruratan Logistik BPBD Konsel, Sumartono. (Foto: Dok/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Selatan masih memiliki jumlah petugas penanganan korban bencana yang sangat terbatas. Hal ini diungkapkan Kabid Kedaruratan Logistik BPBD Konsel, Sumartono, Senin (18/11/2019).

“Untuk jumlah personel kita sendiri masih sangat kurang, hanya lebih dari sekitar 20 petugas,” ungkap Sumartono

“BPBD Konsel sendiri kendala yang dialami akibat luasan wilayah Konsel yang sangat luas ditambah jumlah personil yang sangat kurang,” tambahnya.

Meski demikian, kata Sumartono, pihaknya telah berupaya membentuk Kelompok Siaga Bencana (KSB) tingkat kecamatan dan desa sebagai petugas penangan korban bencana yang siap siaga apabila terjadi bencana.

Selain itu, Sumartono juga mengaku telah memberikan pelatihan teknis lapangan penangan korban bencana kepada KSB dan relawan dalam rangka mengembangkan kapasitas petugas di lapangan.

“Kita juga memberikan  pelatihan teknis lapangan penanganan korban bencana yang tak lain untuk mengembangkan kapasitas petugas di lapangan khusus petugas BPBD dan kelompok siaga yang berada di desa dan Kecamatan serta para relawan,” tuturnya.

Olehnya itu dirinya berharap, melalui kegiatan-kegiatan pelatihan yang sudah dilaksanakan oleh BPBD, KSB, Relawan dan Petugas  mampu mengembangkan ilmu-ilmu yang diperoleh. Sehingga saat terjadi bencana alam baik itu banjir, longsor dan bencana apapun mereka bisa mempraktekkan langsung.

“Kita berharap  terkhusus kepada Kelompok siaga bencana yang berada di kecamatan dan desa, sebelum BPBD turun melakukan evakuasi minimal mereka jauh lebih dulu melakukan evakuasi mandiri,” tutupnya. (cr1).

Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan