BPKAD Kendari Siap Realisasikan Gaji ASN Naik 5 Persen

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kenaikkan tunjangan atau gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) ditanggapi positif Pemerintah Kota Kendari. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari, Susanti, mengaku kondisi keuangan Pemkot siap untuk pembayaran kenaikkan gaji tersebut.

Pemerintah pusat bersama DPR RI menyepakati ASN pusat/daerah, TNI, Polri, dan pensiunan ASN akan mendapat kenaikkan gaji 5 persen. Menyahuti hal itu, Pemkot Kendari melalui BPKAD mengaku siap melalui penyusunan APBD dan sudah dianggarkan guna hak gaji ASN apabila petunjuk teknisnya sudah jelas.

“Terkait kenaikkan gaji PNS 5 persen, kan baru terbit PP-nya. Kita masih menunggu petunjuk teknisnya, sekarang teman-teman khusunya di penata usahaan BPAKD baru memasukkan nilai-nilai kenaikkan gaji masing-masing OPD,” jelas Susanti ditemui usai menghadiri undangan pelaporan keuangan daerah, Rabu (20/3/2019).

Katanya, jika biasanya perbulannya total anggaran yang dikeluarkan untuk gaji ASN Rp 28 miliar. Artinya, terjadi peningkatan karena ada penambahan 5 persen.

“Kita tunggu saja petunjuk teknisnya karena ini baru PP belum ada kapan dibayarkan. Pokoknya, kalau sudah ada juknis, perintah bayar kita bayarkan,” ucapnya.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani dalam konferensi persnya di Jakarta, Selasa (19/3/2019), menerangkan pembayaran tunjangan hari raya dilakukan sebelum lebaran. Jika lebaran pada 5 Juni mendatang, pembayaran THR terjadi sebelum libur bersama.

Sementara gaji ke-13 kata Sri Mulyani, tidak ada perubahan jadwal. Pencairannya dilakukan setiap 1 Juli. (Adv)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.