BPS Sultra Gelar Apel Siaga Sambut Sensus Penduduk 2020

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Apel Siaga dalam mensukseskan Sensus Penduduk 2020, Jumat (14/2/2020). Apel Siaga dilakukan serentak pada tiap kantor BPS di seluruh Indonesia.

Kepala BPS Sultra, Muhammad Edy Mahmud, mengatakan Apel Siaga SP2020 adalah momen penting untuk bersama-sama meluruskan niat dan menyatukan derap langkah untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020.

SP2020 BPS menggunakan metode kombinasi (combine method) yang menggunakan data administrasi pendudukan dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai basis data dasar. Data administrasi Dukcapil tersebut menjadi dasar menghasilkan satu data kependudukan.

Sensus penduduk secara online dimulai pada 15 Februari-31 Maret 2020.

“SP online penduduk dapat mengakses web sensus. bps.go.id menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet lalu memasukan data pribadinya,” jelas Edy.

Fortune

Namun, bagi penduduk yang belum mengikuti SP online, petugas akan mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan Sensus Penduduk Wawancara dengan menggunakan hp/tablet atau kuesioner kertas selama Juli 2020.

(Baca juga: Siap-Siap SP2020, Intip Sensus Penduduk Sultra 2010)

Apel Siaga SP2020 di Kantor BPS Sultra, Jumat (14/2/2020). (Foto: Ist)

SP2020 menjadi kegiatan penting yang akan dilaksanakan Indonesia pada 2020. Sebab, data penduduk menjadi kunci terwujudnya satu data kependudukan Indonesia.

“Data penduduk yang dihasilkan melalui SP2020 merupakan data dasar yang dapat digunakan untuk membuat kebijakan di berbagai bidang, seperti pangan, pendidikan, kesehatan, perumahan, dan lain sebagainya,” ucap Edy.

Laporan: Wa Rifin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.