Festival Pesona Budaya Tua Buton

Brigadir Arianto Sebar ‘Virus’ di Takimpo dan Holimombona

SULTRAKINI.COM: BUTON – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Buton, Brigadir Arianto membuka perpustakaan keliling di dua desa/kelurahan Kecamatan Pasarwajo. Kedua desa itu merupakan wilayah kerjanya sebagai pengayong masyarakat.

Desa/Kelurahan Takimpo dan Holimombona adalah pusaran perpustakaan keliling yang dimaksud Brigadir Arianto sejak September 2017. Kata dia, perpustakaan diadakan untuk meningkatkan indeks prestasi manusia (IPM).

Diceritakan Arianto, motivasi dirinya membuka perpustakaan keliling muncul ketika melakukan sambang pada warga dan sejumlah sekolah dan melihat banyak anak-anak di wilayah itu mayoritas waktunya digunakan untuk bermain.

“Inisiatif saya muncul ketika saya melihat anak-anak waktunya banyak digunakan untuk bermain, sehingga saya buka perpustakaan keliling,” kata Arianto kepada SultraKini.Com, Selasa (23/1/2018).

Menurutnya, anak merupakan generasi penerus bangsa, sehingga dengan banyak membaca banyak hal yang bisa diketahui, karena buku merupakan jendela dunia. Tidak hanya itu, dengan membaca khususnya buku-buku pelajaran dan buku cerita lainnya, anak-anak akan terhindar dari perilaku negatif.

“Syukur alhamdulilah dengan perpustakaan keliling itu sudah banyak anak-anak yang terjangkit ‘virus’ membaca, dan itu hal yang positif,” ujarnya.

Arianto mengungkapkan, awalnya buku pelajaran yang dimilikinya sebanyak 10 buku yang sebenarnya diperuntukan bagi anak-anaknya. Namun, setelah dirinya melakukan kegiatan sambang, muncul inisiatif buku itu digunakan untuk mengisi perpustakaan keliling.

“Alhamdulillah setelah saya memposting kegiatan-kegiatan saya perpustakaan keliling di media sosial, saya mendapat bantuan buku dari teman-teman, sehingga sekarang buku yang saya miliki sebanyak 70 buah. Kalau untuk dana, saya jalankan perpustakaan keliling ini adalah dana saya sendiri, dan saya tidak menuntut itu yang penting bisa berbakti,” terangnya.

Menyikapi hal itu, Kapolres Buton, AKBP Andi Herman SIK sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan anggotanya dalam hal mencerdaskan anak bangsa, khususnya di wilayah Takimpo dan Holimombona.

“Yang pasti saya sebagai Kapolres sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Brigadir Polisi Arianto, dan itu memang murni inisiatifnya sendiri. Saya berharap apa yang dilakukan Brigadir Arianto dengan tujuan mencerdaskan anak bangsa bisa tercapai,” kata Andi Herman melalui sambungan telepon.

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.