Buat Bumil, Ini Cara Menangkal Covid-19 Menurut WHO

SULTRAKINI.COM: Tidak dipungkiri penyebaran virus corona atau Covid-19 membuat ketakutan masyarakat khususnya di Indonesia. Namun, hal tersebut bisa diminimalisir dengan mengikuti imbauan-imbauan dari pemerintah. Sebab, pihaknya tengah melawan Covid-19 tersebut. Lantas, bagaimana melindungi diri bagi ibu hamil dan ibu positif Covid-19 namun ingin menyusui bayinya?

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO membagikan kiat-kiat menangkal Covid-19 bagi ibu hamil dan menyusui melalui cuitannya di Twitter.

Bagi bumil, WHO menganjurkan untuk tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan secara rutin; menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut; tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan siku terlipat atau tisu; serta jaga jarak dengan orang lain.

Di satu sisi, WHO menganjurkan bumil segera meminta arahan petugas medis atau pertolongan medis jika mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas.

yamaha

Menurut WHO juga ibu yang terjangkit Covid-19 tetap bisa menyusui bayinya, tetapi tetap menjaga kesehatan pernapasan dan mamakai masker; mencuci tangan sebelum dan sesudah menyusui bayi; dan rutin membersihkan permukaan untuk mebasmi kuman.

Jika seorang ibu yang positif Covid-19 merasa sangat tidak sehat untuk menyusui bayinya, WHO menganjurkan menggunakan berbagai cara namun tetap aman, yakni memompa ASI, relaktasi, dan mendapatkan donor ASI.

(Baca juga: WHO Peringatkan Bahaya Disinfektan Disemprotkan ke Orang)

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.