Buka Kongres Diaspora, Wapres JK Ajak Peserta dan Menteri Wisata ke Malino

  • Bagikan
Buka Kongres Diaspora, Wapres JK Ajak Peserta dan Menteri Wisata ke Malino

SULTRAKINI.COM:JAKARTA – Kongres Indonesia Diaspora ke-4 Global Summit di Grand Ballroom Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, resmi dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla. Acara dimulai dengan pembacaan deklarasi peserta Kongres Diaspora menggunakan 14 bahasa.

Wapres JK resmi membuka Kongres yang juga didukung oleh Kementerian Pariwisata itu didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia bersatu, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Mendikbud, Muhadjir Effendy dan Menteri Tenaga Kerja, Muhammad Hanif Dhakiri serta Ketua Presidium Diaspora Indonesia Network Global, Sofjan Wanandi.

Dalam sambutan, Wapres JK meminta Diaspora membantu mengembangkan potensi Indonesia dari semua sektor termasuk pendidikan, kebudayaan, tenaga kerja dan dunia usaha. Mengenai pariwisata, JK sempat melontarkan ajakan pada para menteri dan diaspora untuk mempromosikan destinasi wisata alam di Malino, Gowa, Kab. Sulawesi Selatan. 

Wapres RI Jusuf Kalla ingin menjadikan kawasan konservasi alam Malino, Kabupaten Gowa sebagai destinasi wisata baru di Pronvinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Ayo, nanti sama-sama ke Malino, kita tingkatkan pariwisata Indonesia,” ucap JK disela sambutannya, Senin (21/8).

Wapres JK mengaku teringat pada pesan mendiang Presiden Amerika Serikat, John F. Kenndy. “Jangan selalu berpikir, apa yang sudah didapatkan dari negara, tapi apa yang sudah dilakukan untuk negara,” kata Wapres JK. 

Pesan tersebut mengandung makna agar Diaspora di Indonesia, sebagai aset negara selalu berinovasi memajukan Indonesia dengan ilmu dan pengetahuan dari luar negeri. Dirinya mencontohkan, bagaimana peran Diaspora membangun negara, seperti Singapura dan Tiongkok di mana Diaspora mereka turut memajukan negara setelah belajar di luar negeri. 

“Indonesia juga bisa besar bukan karena jumlah (penduduk), tetapi juga kualitas,” ucap JK.

Selain di bidang pendidikan dan kebudayaan, serta ilmu pengetahuan, dan dunia usaha Diaspora memiliki peranan untuk mempromosikan wisata Indonesia melalui Indonesia Wonderful dengan jaringan di negara tempat tinggal. 

Apalagi, Indonesia telah meraih peringkat layak investasi (investment grade) dari lembaga pemeringkat S&P. “Dengan investment grade ini lebih mempermudah upaya untuk menarik investor asing ke Indonesia dan juga tidak kalah penting untuk promosi pariwisata. Tagline Wonderful Indonesia akan dibawa oleh diaspora Indonesia, apa pun aktivitas mereka,” tambahnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara didampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi Eddy Susilo mengatakan, Malino berpeluang menjadi idola wisatawan karena saat ini sudah didukung infrastruktur yang lebih baik.

“Sejak dulu Malino sudah menjadi tempat refreshing dan tujuan wisata. Karena itu, kami berharap bisa meningkatkan lagi jumlah wisatawan dan menjadikan Malino sebagai salah satu destinasi wisata nasional,” ujar Esthy yabg diamini Eddy.

Selain itu, dia juga meminta Pemkab Gowa menjamin kenyamanan para wisatawan. Sebab, wisatawan yang datang berpotensi menjadi repeater jika memiliki kesan mendalam terhadap sebuah event.

“Kalau lokal sudah bergairah, baru menargetkan regional kemudian nasional serta internasional,” tambah Esthy. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga berterima kasih pada kegiatan diaspora mempromosikan kekuatan pariwisata Indonesia. Mereka bisa menjadi ujung tombak promosi Wonderful Indonesia. “Tentu dengan spirit Indonesia Incorporated,” sebut Menteri Arief Yahya.

Presiden Jokowi sendiri sudah menempatkan pariwisata sebagai leading sector dan sekaligus core economy bangsa. Karena itu semua kementerian dan lembaga yang terkait dengan pengembangan kepariwisataan, wajib men-support. “Tujuan utama  20 juta wisman di tahun 2019,” ucap Menpar Arief.

Indonesian Diaspora Global Summit 2017 mengangkat tiga topik utama, yakni pendidikan dan kesehatan untuk Papua dan Papua Barat, kontribusi dari diaspora untuk penghematan energi dengan teknologi mutakhir, dan perlindungan diaspora Indonesia global.


Kemnepar RI

  • Bagikan