Bulan Inklusi Keuangan OJK Sultra Gelar Berbagai Kegiatan Edukasi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Bulan Oktober merupakan bulan inklusi keuangan yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan tiap tahunnya. Semarakkan bulan inklusi keuangan tahun 2020 ini OJK Provinsi Sulawesi Tenggara gelar beberapa kegiatan edukasi.

Tema dalam perayaan bulan inklusi keuangan kali ini yakni satukan aksi keuangan inklusif untuk indonesia maju (AKSESSKU). Bulan inklusi keuangan terhitung mulai tanggal 1 sampai 30 Oktober 2020.

Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan dilaksanakan serentak secara nasional bekerja sama dengan kementerian/lembaga terkait serta kantor Lembaga Jasa Keuangan baik di kantor pusat maupun di daerah yang berada di bawah pengawasan KR maupun KOJK dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran dan kondisi di masing-masing daerah.

Kepala OJK Sultra, Mohammad Fredly Nasution, mengatakan kegiatan inti yang dapat dilaksanakan pada bulan inklusi keuangan adalah;

  1. Mendorong LJK untuk memiliki program khusus selama bulan Oktober antara lain dengan penjualan produk/jasa keuangan berinsentif melalui pemberian discount, cashback, point, bonus atau reward.
  2. Memfasilitasi pemberian kredit/pembiayaan bagi masyarakat serta pelaku usaha kecil dan mikro
    melalui kegiatan business matching.
  3. Melakukan pameran virtual.
  4. Melakukan kegiatan akuisisi pembukaan rekening, polis dan lainnya.
  5. Melaksanakan kegiatan edukasi keuangan antara lain melalui webinar; dan/atauf. Melakukan kampanye dan publikasi program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen secara masif.
yamaha

“Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, maka berbagai kegiatan akan dilakukan secara virtual. Namun demikian, apabila terdapat kegiatan yang akan dilakukan secara tatap muka, perlu
memperhatikan kebijakan instansi/pemerintah daerah setempat dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” ungkap Fredly, Kamis (1/10/2020).

Selama Bulan Inklusi Keuangan akan dipublikasikan melalui website yang dikelola oleh OJK, sehingga masyarakat dapat mengetahui antara lain informasi mengenai rincian agenda/jadwal kegiatan dan berbagai program discount/reward/insentif dari berbagai LJK.

Fredly juga menyampaikan rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan khusus di Sultra yaitu Piket Edukasi dan Inklusi Keuangan secara Digital oleh setiap Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) di Wilayah Sultra.

“Kemudian program Edukasi Keuangan Basis Agama (PRO ESA), Gebyar Lomba Duta Inklusi dan Literasi Keuangan (Gebyar Lomba Dilan), dan Dilan Award bagi Awak Media dan Kepala Daerah,” tutupnya. (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.