Bulog Sultra Salurkan 30 Ton Beras di Konkep

  • Bagikan
Foto bersama saat penyerahan BPNT, Selasa (29/10/2019). (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINO.COM)
Foto bersama saat penyerahan BPNT, Selasa (29/10/2019). (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINO.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Urusan Logistik (Bulog) Devisi Regional (Divre) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) untuk menyalurkan beras Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Selasa (29/10/2019).

Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan Bulog Divre Sultra, Firman Mando, mengatakan peresmian penyaluran beras BPNT untuk di Kabupaten Konkep merupakan kali pertama dilakukan.

“Kami berharap kedepan sinergi ini tetap berjalan dan berlanjut, dan kami Perum Bulog selalu siap dalam rangka penyediaan bahan pokok tersebut,” kata Firman, Selasa (29/10/2019).

Penyalurkan beras BNPT, yakni jenis beras premium ke Konkep sebanyak 30 ton per bulan. Jumlah penerima manfaat dari BPNT di Konkep sebanyak 3.457 keluarga penerima manfaat (KPM), besarannya 10 kg per KPM.

Firman menjelaskan, BPNT adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan.

Selain di Konkep, daerah lain juga sementara penyaluran BPNT dan ada beberapa kabupaten lain tersalurkan.

“Harapan kami tahun depan seluruh kabupaten/kota bisa menyalurkan BPNT melalui Bulog sebagai penyedia komoditas bahan makanan beras,” ucapnya.

Tahun ini, Bulog Divre Sultra telah menyalurkan kurang lebih 1.200 ton beras medium untuk BPNT. Terbanyak di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Timur (Koltim), dan Bombana.

Untuk diketahui program BPNT merupakan program perbaikan atau penyempurnaan dari program sebelumnya, yaitu Subsidi Rastra.

“Transformasi satu program ke program lain ditujukan untuk membangun sistem perlindungan yang lebih efektif dalam mengentaskan kemiskinan,” tutupnya.

Laporan: Wa Rifin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan