SUARA

Bulog Sultra Sediakan 5.300 Ton Beras Untuk Bansos PKH

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sesuai data Kementrian Sosial yang diterima Perum Bulog Divre Sultra sebanyak 118.932 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) yang tersebar di 17 Kabupaten dan Kota bakal mendapatkan tambahan bantuan sosial beras ditengah Pandemi Covid-19.

Tercatat setiap bulan KPM akan menerima 15 kg beras, dengan secara keseluruhan sekitar 1.700 ton besar dari semua jumlah KPM per bulan dan 5.300 ton untuk tiga bulan.

Kepala Perum Bulog Divre Sultra, Ermin Tora, mengatakan pihaknya siap menyediakan permintaan bantuan sosial beras. Bulog Sultra masih memiliki 7 ribu ton beras yang diserap pada petani lokal.

“Alhamdililah stok kami cukup, digudang-gudang Bulog yang tersebar di Sultra ada sekitar 7 ribuan ton beras yang tersedia sedangkan untuk bansos hanya sekitar 5.300 ton dan insyallah Oktober akan kami lakukan penyerapan penadaan beras,” kata Erwin, Rabu (2/9/2020).

(Baca juga: Bantuan 15 Kg Beras Khusus Penerima PKH Diluncurkan)

Dalam penyaluran bansos tersebut, pihaknya telah menyiapkan beras bansos dalam bentuk kemasan dengan berat 15 kg dan menargetkan untuk di bulan September mampu menyalurkan sebanyak 3.500 ton beras pada semua KPM di 17 Kabupaten/Kota.

yamaha

Erwin juga menyampaikan Bulog Sultra di tahun 2020 telah melakukan penyerapan beras petani mencapai 17.600 ton atau sekitar 80 persen dari target penyerapan beras petani di Sultra sepanjang tahun ini yakni 20.000 ton.

“Peyerapan beras petani 17.600 ton hingga Agustus dan itu sudah lebih besar jika dibanding dengan penyerapan tahun lalu hanya mencapai 17.400 dari Januari sampai Desember 2019. Melihat kondisi pertanaman di daerah sentral produksi untuk target 2020 kami capai,” ungkap Erwin.

Ia pun barapan dengan ada nya program bansos, selain bisa membantu KPM dalam penyediaan pangannya juga bisa membantu petani. Karena dengan tersalurkan beras bansos maka gudang Bulog memiliki banyak kapasitas untuk menampung beras petani.

“Jika dinominalkan penyerapan beras lokal yang kini mencapai sekitar 80 persen yakni sekitar 200 Miliyar yang didapatkan oleh petani,” tutupnya. (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.