SULTRAKINI.COM: BUTON SELATAN – Bupati Buton Selatan (Busel), Agus Feisal Hidayat memasang harga atau sayembara dengan hadiah jutaan rupiah bagi masyarakat yang berhasil menangkap para pelaku illegal fishing dan illegal logging di wilayah Busel.

Bupati Busel Pasang Harga Jutaan Rupiah Untuk Perusak Lingkungan
Agus Feisal Hidayat. (Foto: Novrizal R Topa/SULTRAKINI.COM)

Agus mengatakan bahwa langkah yang diambil merupakan salah satu solusi mengurangi masalah kerusakan lingkungan laut dan hutan dari aksi melawan hukum yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab.

Selain memberikan penghargaan (reward), sayembara ini bermaksud memberikan informasi bahwa fungsi pengawasan bukan hanya tugas pemerintah dalam hal ini kehutanan dan kelautan, tapi juga merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Pihaknya akan memporsikan anggaran ditahun 2018 mendatang untuk wacana sayembara berhadiah ini.

“Untuk besaran rupiahnya, pihak saya sedang mengestimasi," ujar Agus, Selasa (7/11/2017).

Ia juga mengatakan, sebelum merealisasikan program sayembara ini, terlebih dahulu  akan menggelar pengumuman diseluruh desa dan media agar masyarakat mengetahuinya.

Jika pelaku berhasil ditangkap, Agus memastikan selanjutnya akan diproses secara hukum agar mendapatkan efek jerah sehingga tidak mengulangi perbuatannya.


Laporan : Novrizal R Topa

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations