Bupati Busel Upayakan Listrik 24 Jam di Tiga Wilayah

SULTRAKINI.COM: BUTON – Bupati Buton Selatan (Busel), La Ode Arusani mengatakan akan mengupayakan tiga wilayah di Busel dapat menikmati 24 jam listrik dalam sehari di tahun ini yang sebelumnya hanya 12 jam dalam sehari.

Tiga wilayah yang dimaksud masing-masing yakni Pulau Siompu, Kadatua, dan Batu Atas. Kelistrikan di tiga pulau itu akan didukung tersuplai 24 jam listrik yang selama ini hanya dinikmati sehari atau 12 jam.

Hal tersebut dikatakan Arusani saat menerima penghargaan atas kinerja dan komitmen bupati dalam mendukung dan menjalin kerjasama bidang kelistrikan Tahun 2020 dari PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggaran (UP3) Baubau yang diberikan langsung oleh Manager PLN UP3 Baubau, Agus Susanto, di Kantor Bupati Buton Selatan, Senin (15/3/2021).

“Salah satu upaya yang dilakukan dengan menghadirkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk mendukung dan menopang mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) PLN,” kata Arusani.

“InsyaAllah pembangunannya akan terlaksana tahun ini juga,” sambungnya. 

Selain itu, untuk mendukung hal ini agar segera terealisasi Pemerintah Kabupaten Buton Selatan telah mempersiapkan beberapa hal termasuk didalamnya kesiapan lahan.

Pemkab Busel juga berencana menjalin kerjasama dengan PT EMP-ET (Anak Perusahaan Bakrie Brothers) untuk menggenjot pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

PLTS ini kata Arusani, untuk menopang mesin PLTD PLN dimana regulasi membatasi pasokan BBM untuk daerah-daerah di kepulauan. Untuk itu, diharapkan dengan adanya backup PLTS ini, maka kebutuhan listrik yang tadinya hanya 12 jam menjadi 24 jam.

“Rencana PLTS yang akan dibangun sebesar 1 Megawatt yang akan didahului  dengan Penandatanganan MoU kedua belah pihak dan diharapkan pengerjaannya ditarget tahun ini,” tuturnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.