Bupati Buton La Bakry Beri Bantuan Alat Tangkap pada Kelompok Nelayan

SULTRAKINI.COM: BUTON – Kelompok nelayan yang tersebar di wilayah Kabupaten Buton menerima bantuan berupa alat tangkap ikan. Penyerahan bantuan secara simbolis ini diserahkan langsung Bupati Buton, La Bakry, di Dermaga Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pasarwajo, Jumat (8 Januari 2020).

La Bakry mengatakan, bantuan ini sebagai stimulan kepada para nelayan berupa bantuan alat tangkap ikan diantaranya 22 unit armada tuna hand line, 47 unit armada katinting dan 50 unit rumpon.

“Yang diserahkan secara simbolis baru berjumlah 12 rumpon. Sisanya akan diserahkan kemudian,” kata La Bakry, Jumat (8/12/2020).

La Bakry berharap, agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, khususnya di masa pandemi Covid-19. Dimana setiap penerima bantuan harus menggunakannya untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

“Saya berharap bantuan ini tidak dipindahtangankan, tetapi benar-benar digunakan untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” ucap La Bakry, penuh harap.

Adapun bagi para kelompok nelayan yang belum mendapat bantuan, kata La Bakry, Pemda Buton melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan berupaya untuk diakomodir di tahun anggaran 2021.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton, Rasmin Rahman, mengatakan anggaran bantuan berasal dari dana alokasi khusus (DAK) Tahun 2020, DID awal dan DID tambahan karena ada beberapa perubahan sehingga baru disalurkan pada Januari 2021.

“Penerima bantuan hari ini merupakan perwakilan kelompok nelayan dari tujuh kecamatan se-Kabupaten Buton,” kata Rasmin

Mekanisme pemanfaatan bantuan ini kata Rasmi, yaitu kelompok nelayan harus memberikan laporan hasil tangkapan secara rutin sebagai bahan evaluasi penerimaan bantuan, dan khusus untuk armada penangkap tuna agar mengukur kapal sebagai syarat nelayan memperoleh BBM bersubsidi.

Penyerahan bantuan tersebut turut dihadiri anggota DPRD Kab. Buton, Sabaruddin Paena dan Abu Bakar, serta Kepala Dinas PTSP La Madi. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.