Bupati Butur Harapkan Lokakarya Tata Kelola Desa Menjawab Kebutuhan Masyarakat

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Yayasan Institusi Pemberdayaan Masyarakat Asli dan Pedesaan (IDRAP) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Buton Utara (Butur) menggelar lokakarya peningkatan kualitas tata kelola desa, Senin (20/1/2020).

Lokakarya mengusung tema menuju kemandirian desa melalui sinergi kemitraan para pihak dan multi-stakeholder di Buton Utara itu lebih membahas tata kelola desa, tata kelola menajemen dimulai dengan proses perencanaan di desa dan acuannya mulai dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pembangunan (RKP) desa dan sebagainya.

“Jadi kepala desa dan aparatnya harus kuat terkait dengan perencanaan,” ujar Bupati Butur Abu Hasan ditemui di Aula Bappeda Butur, Senin (20/1/2020).

Menurut bupati, sejauh ini tata pengelolaan desa di Kabupaten Butur sudah bagus, pemda terus berupaya untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Khususnya mempertimbangkan koreksi-koreksi membangun untuk perubahan tata kelola desa.

Fortune

“Kita ini makin hari makin baik, tidak bisa berpaham dengan hal-hal yang sifatnya konsep-konsep lama yang kadang-kadang tidak up to date (terkini) untuk kebutuhan masyarakat hari ini,” ucapnya.

Abu Hasan berharap adanya lokakarya peningkatan kualitas tata kelola desa turut mendorong kualitas sumber daya manusia di desa.

“Selesai kegiatan ini kita harapkan kualitas sumber daya manusia di desa utamanya aparatur memiliki wawasan yang cukup tentang penyusunan perencanaan di desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Laporan: Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.