Bupati Butur Ingatkan Lembaga Koperasi Harus Sehat dan Berkembang

  • Bagikan
Rapat tahunan koperasi di tiga Desa di Kecamatan Kulisusu Barat, Rabu (29/1/2020). (Foto: Ardian Saban/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Rapat Anggota Tahunan ke II Koperasi Simpan pinjam Pelita Ibu Sejahtera Desa Dampala Jaya, dan KSP Restu Ibu Mandiri Desa Mekar Jaya, dan KSP Mawar Indah Desa Kasulatombi di Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara digelar di Kecamatan Kulisusu Barat, Kabupaten Butur, Rabu (29/1/2020).

Rapat bertema penguatan koperasi mendukung pertumbuhan ekonomi menuju desa mandiri dan sejahtera tersebut, dihadiri Bupati Butur Abu Hasan, di dampingi Ketua Penggerak PKK Butur Sitti Rabiah Abu Hasan, dan semua anggota organisasi perangkat daerah.

Abu Hasan mengatakan, koperasi adalah salah satu lembaga keuangan yang beranggotakan perorangan berbadan hukum dan tujuannya mensejahterakan anggota dan anggota inilah diberi keistimewaan mendapatkan kesejahteraan melalui koperasi.

“Koperasi sehat, anggota sejahtera, ekonomi desa tumbuh dan menopang ekonomi daerah,” ujar Abu Hasan.

Ditambahkannya, terdapat empat masalah dalam kelembagaan koperasi, yakni masalah kelembagaan karena kelembagaan tidak terjaga eksistensi dan kesinambungan usaha-usaha sehingga kelembagaan koperasi ini harus menjadi bagian dinas koperasi untuk terus dijaga agar tetap eksis dan berkesinambungan.

“Urus koperasi harus ekstra sabar, kita butuh waktu, kita butuh pengorbanan dan energi. Saya minta dinas koperasi menjaga kesehatan lembaga koperasi dan terus dikembangkan,” tambahnya.

Persoalan lain adalah admistrasi dan laporan terkadang lengah di admistrasi karena tidak ada sistem administrasi yang tertib di kantor koperasi dan yang paling penting mengenai pelaporan harus ada.

Berikutnya, masalah jenis usaha berupa koperasi produksi, ada koperasi konsumsi, dan koperasi simpan pinjam. Sebetulnya, kata dia, pergerakan yang cepat simpan pinjam kalau anggotanya konsisten.

“Koperasi harus pandai-pandai memilih usaha, dan menjaga kesehatan koperasi kita sehingga keberadaannya terus berjalan dan terus berkembang,” sambungnya.

Laporan: Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan