Bupati dan Wakil Bupati Konsel-Konut Resmi Dilantik Gubernur Ali Mazi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, Ali Mazi melantik dua kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020. Pelantikan berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Sultra dan juga dilakukan secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dua pasangan kepala daerah dilantik adalah Bupati dan Wakil Bupati terpilih Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga-Rasyid serta pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Konawe Utara (Konut), Ruksamin-Abu Haera.

SK pelantikan gelombang kedua terbit dengan Nomor 131.74-1017 tahun 2021 tentang perubahan kedua atas Keputusan Kemendagri Nomor 131.74/265 Tahun 2021 tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 di kabupaten pada Provinsi Sultra. Kepala daerah yang dilantik menjabat untuk periode 2021-2024 (SK 2021-2026 dengan klausal).

Ali Mazi dalam sambutannya meminta bupati dan wakil bupati Konsel dan Konut untuk bekerja keras merealisasikan janji-janji politiknya yang disampaikan ketika kampanye. Dan memastikan setiap masyarakat sampai di pelosok daerah yang dipimpin untuk merasakan kehadiran pemerintah dalam kehidupan mereka.

“Tentunya dengan memperhatikan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, antara lain harus profesional, responsif, transparan, akuntabel, berkeadilan, efisien dan efektif, dan bermartabat serta melaksanakan berbagai pembangunan yang prorakyat di segala bidang,” ucapnya.

Kedua bupati tersebut merupakan petahana pada periode lima tahun sebelumnya, sehingga keduanya memiliki pengalaman dalam memimpin daerahnya. Dengan demikian agar dalam menyusun rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) memperhatikan RPJMD provinsi dan nasional.

“Pada saat saudara menyusun RPJMD dalam periode kedua nanti memperhatikan RPJMD provinsi agar terjadi sinkronisasi antara program Pemprov dengan kabupaten/kota se-Sultra, serta memperhatikan RPJMD nasional,” jelasnya.

Gubernur Ali Mazi juga meminta semua kalangan masyarakat mendukung program kepala daerah yang baru saja dilantik, demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

“Mulai hari ini tidak ada lagi cerita mendukung atau tidak mendukung. Semua harus mendukung pasangan yang dilantik, semua kalangan harus menyatuhkan niat dan menyelaraskan langkah nyata demi mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan semua lapisan masyarakat di dua kabupaten tersebut,” tambahnya. (C)

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.