SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH - Selain memantau langsung pekerjaan pengaspalan jalan di Desa Bantea Kecamatan Gu, Bupati Buton Tengah (Buteng), H Samahuddin SE juga sempat meninjau salah satu Sekolah Dasar Negeri 1 Bantea.

Bupati Dapati Absen Guru SDN 1 Bantea Mencurigakan
Bupati Buton Tengah (Buteng) Saat memantau apsen guru SDN 1 Bantea (Foto : Ali Tidar / SULTRAKINI.COM)

Saat pemantauan, Samahuddin sempat mewawancarai salah satu guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Bantea, dan menanyakan salah seorang guru (Zamlia AMa,red) yang berasal dari Kecamatan Mawasangka Timur.

Samahuddin sangat mengenal guru tersebut karena berasal dari kampung yang sama. " Jadi saya tidak percaya kalau kamu bilang hadir terus itu Ibu," ujarnya saat mewawancarai salah satu guru di sekolah tersebut, Selasa (7/11/2017).

Tidak puas dengan wawancara tersebut, Bupati Buteng menyuruh untuk mengambil absen guru dan memastikan bahwa semua guru yang mengajar di SDN I Bantea tidak pernah bolos. Alhasil, Samahuddin mendapati absen guru yang mencurigakan, diduga tanda tangan pada absen tersebut dipalsukan.

"Masa hadir semua, tidak mungkin lah. Hari ini saja absennya masih kosong, berarti disini ada pemalsuan," tambah Samahuddin.

Lebih mencurigakan lagi, tinta pulpen dari bulan Januari hingga November memiliki warna tinta yang sama.

"Kayaknya ini absen ditanda tagan satu hari," katanya.

Mencurigai adanya kejanggalan diabsen tersebut, Samahuddin langsung menulis di lembaran absen tersebut dengan pulpen tinta hijau dan menandatanginya sebagai tanda hasil pemeriksaannya. "Tolong absen yang benar saja," tulisnya, pada absen guru yang dibumbuhi dengan tanda tangan.


Laporan : Ali Tidar

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations