Bupati Kolaka Resmikan Pembukaan TMMD ke-99

  • Bagikan
Bupati Kolaka Ahmad Safei pada peresmian TMMD di Kecamatan Tanggetada. (Foto: Rian Adriansyah/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Bupati Kolaka Ahmad Safei meresmikan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di lapangan Desa Popalia, Kecamatan Tanggetada, Selasa (4/7/2017). Kegiatan TMMD di daerah itu akan berlangsung sejak 4 Juli hingga 2 Agustus 2017.

TMMD kali ini mengusung tema ‘dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat, kita percepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI.’

“TMMD sebagai wujud kerja nyata dalam percepatan pembangunan dan merupakan kontribusi TNI terhadap pemerintah daerah. Makna inti TMMD sinergitas TNI dengan masyarakat,” terang Ahmad Safei.

Terdapat 11 jenis kegiatan sasaran fisik yang akan dikerjakan, namun terfokus di Kecamatan Tanggetada, diantaranya  melanjutkan pembangunan masjid  ukuran 10×10 meter persegi, pembentukan badan jalan pinggir sepanjang  1.000×5 meter, pembuatan pos kamling permanen ukuran 3×3 meter persegi, melanjutkan pembangunan gereja permanen ukuran 21x 8,80 meter persegi.

Selain  kegiatan fisik, TMMD juga melaksanakan kegiatan sasaran non fisik meliputi penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan deradikalisasi terorisme dan ISIS, penyuluhan kerukunan hidup antar umat beragama dan wawasan kebangsaan hukum dan keamanan ketertiban masyarakat.

Komandan Korem 143 Halu Oleo, Kolonel Inf Andi Perdana Kahar mengungkapkan TMMD menumbuhkan budaya semangat gotong royong antar TNI dan masyarakat yang selama ini hampir hilang.

“Seluruh ASN dilibatkan, TMMD ini bagaimana menumbuhkan kesadaran dan sarana mendekatkan TNI, Polri dan masyarakat,” ucap Danrem.

 

Laporan: Rian Adriansyah

  • Bagikan