Iklan Clarion

Bupati Kolaka Resmikan Sentra Industri Kecil dan Menengah

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Setelah peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kolaka 27 Juli 2017 lalu, Sentra Industri Kecil dan Menengah atau SIKIM diresmikan oleh Bupati Kolaka, Ahmad Safei, Kamis (8/2/2018).

Sentra Industri Kecil Menengah adalah sebuah kompleks yang terdiri dari lebih 20 bangunan didalamnya. Kompleks ini memang secara khusus diperuntukan bagi pelaku industri kecil menengah yang ada di Kolaka.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei menjelaskan bahwa sudah saatnya kebangkitan ekonomi dari sektor industri kecil menengah terjadi di Kolaka. “Industri kecil menengah saat ini di Kolaka sudah sangat banyak, mulai dari kuliner, kriya, desain hingga seni lukis, semua sudah ada di Kolaka. Hadirnya SIKIM ini adalah wadah bagi pelaku industri untuk berkembang lebih baik,” katanya.

Melalui tahap seleksi yang nantinya akan dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan menentukan pelaku usaha indusri kecil manakan yang layak menempati ruangan-ruangan yang ada di dalam kompleks SIKIM tersebut.

“Memang dengan ketersediaan lebih dari 20 bangunan di dalam pasti tidak bisa untuk menampung semua pelaku industri. Makanya ada seleksi dan tehnisnya itu dinas terkait yang atur,” tegasnya.

Secara tegas juga Ahmad Safei mengungkapkan bahwa tidak boleh satupun ruangan yang ada di dalam kompleks SIKIM diisi oleh pelaku industri dari luar Kolaka. “Tidak boleh ada pelaku industri dari luar Kolaka yang gunakan fasilitas didalam kompleks SIKIM. Kami prioritaskan bagi pelaku industri kecil menengah yang ada di Kolaka,” tambahnya.

Penegasan Bupati ini adalah bentuk komitmen Pemda Kolaka mendukung secara penuh kebangkitan pelaku industri kecil dan menengah yang ada di Kolaka.

Letak kompleks SIKIM ini sendiri terbilang strategis, yaitu bersebelahan dengan rumah sakit Kolaka yang baru, yang terdiri dari empat lantai. Di dalam kompeks itu sendiri, selain menyediakan bamgunan permanen yang dilengkapi instalasi listrik dan air bersih, juga tersendia masjid, bangunan promosi prodak serta aula pertemuan.

Laporan: Suparman Sultan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.