Bupati Konawe Serahkan Lima Ambulans untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, lima unit ambulans beserta alat kesehatan diserahkan ke pihak puskesmas. Ambulans juga diberikan ke Dinas Kesehatan Konawe.

Penyerahan bantuan ambulans langsung dilakukan oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Senin (25/1/2021). Total lima unit ambulans untuk puskesmas dan satu unit ambulans untuk Dinkes.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa akan menyerahkan kunci mobil ambulans. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Kery Saiful Konggoasa mengatakan, meskipun bantuan ambulans masih terbatas jumlahnya, tetapi sebisa mungkin dimanfaatkan secara maksimal untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ambulans juga diharapkan dirawat dengan baik agar bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu lama.

“Ke depan Insya Allah kita akan tingkatkan,” ucap politisi PAN itu.

Pihak Dinkes Konawe juga diminta kembali mendata fasilitas kesehatan di puskesmas, sehingga fasilitas yang kondisinya kurang maksimal atau belum ada segera diprogramkan.

Kepala Dinas Kesehatan Konawe, Mawar Taligana. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Diterangkan Kepala Dinkes Konawe, Mawar Taligana, bantuan ambulans tersebut diberikan ke Puskesmas Kecamatan Routa, Latoma, Lalonggasumeeto, Puskesmas Laosu, dan Wonggeduku, sementara satu unit mobil operasional di Diknas digunakan sebagai promosi kesehatan.

“Ini ada tiga mobil dobel kabin, sengaja kita berikan karena kondisi medannya seperti di Routa, Latoma, dan Laosu, sementara duanya mobil sedang saja,” jelasnya.

Dokter ahli gigi ini juga menyampaikan, pengadaan mobil ambulans ini melalui program afirmasi yang dialokasikan melalui Dana Alokar Khusus tahun anggaran 2020.

“Jadi semua ini satu paket dengan program pembangunan gedungnya, alkesnya, dan mobil ambulans,” tambah Mawar Taligana.

Pada 2020, sejumlah puskesmas di Konawe dibangun melalui program afirmasi dan reguler. Program reguler, yakni Puskesmas Moroso dan Uepai.

Sedangkan pada 2021, Pemda Konawe melalui Dinkes merencanakan dan mengusulkan lima puskesmas untuk program pembangunan, hanya saja baru dua puskesmas disetujui, salah satunya Puskesmas Perawatan di Pondidaha.

Dinkes Konawe berharap, bantuan ambulans itu semakin meningkatkan pelayanan kesehatan di masing-masing puskesmas, sehingga harapan dan cita-cita Pemda untuk mewujudkan pemerataan pelayanan kesehatan bisa terwujud.

“Sudah semua puskesmas di Konawe ada mobil ambulasnya, hanya saja sebagian masih terkendala. Ke depan dengan adanya mobil ini kalau ada pasien yang mau dirujuk bisa lancar, misalnya Puskesmas Latoma sebelumnya kalau merujuk pasien itu pakai mobil open, jadi dengan ini sudah bisa lancar,” ujarnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.