Bupati Konkep Pakai Baju Adat Merah Pimpin Upacara

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Upacara peringatan hari jadi Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) ke-4, di lapangan Tempat Penampungan Ikan (TPI) berlangsung meriah dan sukses, Rabu (12/04/2017). Bupati dan Wakil Bupati bersama istri, nampak mencolok dengan keserasian gaya berbusana merah bermotif kuning keemasan.

Dikesempatan itu, Bupati Konkep, Amrullah, bertindak sebagai inspektur upacara dengan menggunakan pakaian berwarna merah khas tenunan adat Wawonii. Begitupun wakil Bupati, Andi Muh. Lutfi serta ibu bupati dan wakil bupati. Sementara peserta upacara lainnya, seperti SKPD, TNI, Polri, tokoh pemekaran, tokoh masyarakat serta organisasi masyarakat tidak menggunakan pakaian adat.

Menurut Amrullah, pakaian adat digunakannya untuk menunjukkan kepada masyarakat setempat tentang kekhasan pakaian adat yang harus di pamerkan melalui kegiatan resmi.

“Baju ini memiliki motif daun siri dan kelapa sebagai simbol perekonomian masyarakat sejak dahulu kala hingga saat ini. Terkait filosofinya, belum bisa saya jelaskan karena belum dibuatkan narasinya sehingga masih perlu penyempurnaan,” ucapnya, Rabu (12/04/2017).

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk saling bantu-membantu membangun daerah. Bukan menciptakan isu perpecahan di tengah masyarakat.

Laporan: Kalvin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.