SULTRAKINI.COM:KONAWE SELATAN- Bupati Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara(Sultra), H.Surunudin Dangga mencanangkan penanaman sagu sebagai makanan tradisional masyarakat Konsel, guna terus menjaga kelestarian tanaman tersebut.

Bupati Konsel Canangkan Penanaman Sagu
Bupati Konsel Saat penanaman Sagu di desa Pewutaa Kec.Angata. (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

Selain melestarikan tanaman tersebut, hal ini juga berdampak dengan perekonomian masyarakat agar terus meningkat. Sebagaimana diungkapkan oleh  Bupati Konsel, H. Surunudin Dangga, saat penanaman sagu di Desa Pewutaa Kec Angata, Rabu (15/11/2017).

"Pemda Konawe Selatan untuk sekarang ini sedang mencangkan penanaman dan pemeliharaan tanaman sagu sebagai makanan tradisional Konawe Selatan. Makanan ini mahal harganya, karena tidak menggunakan pestisida dan bisa dijadikan berbagai prodak olahan makanan, juga dapat mewujudkan ketahanan pangan  Kabupaten Konawe Selatan kedepan," jelasnya.

Pencanangan tanaman sagu tersebut, tidak lain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokal di sekitar rawa aopa. Sehingga yang datang berwisata di Taman Nasional Rawa Aopa, bisa langsung menikmati sajian kuliner sinonggi.

"Untuk merealisasikan hal tersebut yang pertama akan kita lakukan adalah membuat master plan, pembersihan dan pembukaan jalur/rute yang akan dilalui masyarakat, dan semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi masyrakat Konawe Selatan," tandasnya.


Laporan: Adryan Lusa

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations