Bupati Konut Serahkan Santunan Jaminan Kematian BP Jamsostek ke Ahli waris 

  • Bagikan

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA –Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Cabang Sulawesi Tenggara  menyerahkan jaminan santunan kematian kepada dua ahli waris, yakni Gustin yang merupakan ahli waris (alm) Gusran yang merupakan kepala seksi kesejahteraan Desa Tapuwatu, dan Ibu Julaeha ahli waris (Alm) Jabaruddin merupakan kepala Seksi kesejahteraan Desa Tangguluri.

Jaminan kematian tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Konawe Utara Ruksamin bersama Kepala BPJS Ketenaga Kerjaaan Sultra, Kadis DPMD Konut, dan Camat Asera kepada masing-masing ahli waris, di Huntara Desa Tapuwatu Kecamatan Asera, Senin (03/7/2020).

Bupati Konut, Ruksamin, menyampaikan penyerahan bantuan tersebut sebagai wujud perhatian pemerintah kepada masyarakat terkhusus aparat desa di Kabupaten Konawe Utara. Pemerintah daerah telah mendaftarkan seluruh aparat desa se-Kabupaten Konawe Utara pada program BPJS ketenagakerjaan.  

Selain itu, pemerintah setempat juga saat ini telah bekerja sama dengan BP Jamsostek berinisiatif untuk melindungi seluruh pekerja. Hal itu sebagai salah satu langkah atau upaya pemerintah daerah melalui visinya Konawe Utara sejahtera dan beradab, dalam satu misinya membentuk pemerintahan bersih dan berwibawa.

“Pemerintahan yang kuat kita bentuk ini bukan hanya dari pemerintahan yang ada di kabupaten, kita beri penguatan mulai dari desa. Langkah apa yang saya sudah ambil saat ini saya suda keluarkan Perpub tentang UMK, jadi upah minimum kabupaten (UMK) itu suda ditetapkan menjadi Perbub, jadi jika honor aparat desa kita ini belum sesuai dengan UMK secara bertahap harus kita sesuaikan,” ungkap Ruksamin, Senin (3/7/2020).

Kepala BP Jamsostek Sultra, Muhyiddin Dj,  menyampaikan santunan yang diberikan kepada kedua ahli waris tersebut masing-masing sebanyak Rp 42.000.000  

“Semoga santunan yang diberikan dapat  bermanfaat dan diperguanakan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Muhyiddi juga mengungkapkan, bahwa dari 17 Kabupaten yang berada di Sulawesi Tenggara baru 5 kabupaten  yang sudah terealisasi BP Jamsostek salah satunya Kabupaten Konawe Utara, dan tercatat ada 159 desa di Konut yang suda terdaftar di BP Jamsostek.

“Di Sultra dari 17 kabupaten belum banyak yang terinplementasi secara langsung seperti yang sudah terimplementasi di Konut dan tidak sampai 5 kabupaten, yang lebih kedepan dalam konteks memberikan perlindungan jaminanan sosial kepada warga terkhusus kepada aparat desa. Di kami tercatat ada 159 desa disini (Konut) yang suda terdaftar di jaminan sosial,” bebernya.

Usai penyerahan jaminan santunan kematian, Bupati Konut Ruksamin juga menyerahkan Kartu BPJS ketenaga kerjaan kepada beberapa desa yang di Kecamatan Asera, yang diterima langsung oleh Camat Asera selanjutnya diserahkan kepada masing-masing kepala desa penerima kartu tersebut. (B)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan