Bupati Muna Pimpin Upacara Pelepasan Almarhum Dokter Baharuddin

  • Bagikan
Bupati Muna, LM Rusman Emba saat memimpin upacara pelepasan almarhum dr. La Ode Muhammad Baharuddin di rumah duka, (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)
Bupati Muna, LM Rusman Emba saat memimpin upacara pelepasan almarhum dr. La Ode Muhammad Baharuddin di rumah duka, (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Mantan Bupati Muna dr. H. La Ode Muhammad Baharuddin bin La Ode Pandu tutup usia pada pukul 13.42 Wita di Rumah Sakit Grestelina Makassar, Kamis (13 Mei 2021).

Almarhum meninggal dunia akibat penyakit Maag Akut yang dideritanya. Sebelum dikabarkan meninggal, dia sempat menjalani proses rawat jalan di rumah sakit Grestelina Makassar. Tapi kondisinya tiba-tiba drop hingga harus dilarikan di ruang ICU. Disaat itu, Tuhan berkehendak lain, dia dinyatakan meninggal dunia.

Jenazahnya diterbangkan langsung dari Makassar dengan menggunakan pesawat Garuda GA604, tiba di Bandara Halu Oleo Konawe Selatan sekira pukul 10.00 Wita. Dan langsung diberangkatkan di rumah duka, melalui penyeberangan laut menuju kediamannya di Kabupaten Muna.

Usai jasad Almarhum tiba di rumah duka, sebelum prosesi pemakaman dr Baharuddin terlihat di upacarakan dan dipimpin langsung oleh Bupati Muna LM Rusman Emba di rumah duka Jalan Sultan Hasanuddin, Jumat (14 Mei 2021).

Langkah ini dilakukan Pemerintah Kabupaten Muna sebagai langkah penghormatan terakhir terhadap Almarhum dr Baharuddin. Sebab beliau sebagai mantan Bupati Muna periode 2010-2015, juga sebagai tokoh masyarakat dan orang tua masyarakat di Muna.

Pantauan langsung jurnalis SultraKini.com, usai di salatkan di Masjid Raya sekitar rumah duka, keranda jenazah almarhum yang terbuat dari bambu langsung dipikul oleh personil Satuan Polisi Pamong Praja Muna hingga ke pekuburan Laende yang merupakan pekuburan keluarga Almarhum, untuk dimakamkan.

Keranda jenazah Almarhum dr Baharuddin saat dipikul menuju tempat pemakaman, (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

Saat memimpin upacara pelepasan jenazah, Bupati Muna LM Rusman Emba mengatakan, beliau adalah sosok yang telah memberikan pengayoman kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Muna.

“Semasa menjadi Bupati Muna, beliau banyak melakukan hal-hal yang sangat menumbuhkan kesejateraan bagi masyarakat Muna,” ucap RE sapaan akrab Rusman Emba.

Dia melanjutkan, Almarhum sangat memberikan banyak pelajaran kepadanya dan semua masyarakat Muna khususnya terhadap nilai budaya dan nilai religius.

“InsyaAllah menjadi pegangan kita dimasa yang akan datang. Beliau telah merintis vondasi pembangunan di Kabupaten Muna, beliau mengajarkan bagaimana sebenarnya arah pembangunan Muna kedepan,” ujarnya.

Rusman menyampaikan, mewakili seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Muna, mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya dan penghormatan yang sedalam-dalamnya terhadap Almarhum.

“Semoga Almarhum diterima dan ditempatkan disisi Allah,” ungkap Rusman dan diaminkan ribuan pelayat yang hadir di rumah duka. (B)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan