SUARA

Bursa Transfer Musim Panas Premier League: Berikut Detail Transfer The Big Six

SULTRAKINI.COM: Premier League musim 2019/2020 resmi berakhir pada 27 Juli 2020 dan akan memulai musim baru 2020/2021 dengan partai pembuka antara Arsenal melawan tim promosi Fulham pada 12 September 2020.

Liverpool berhasil keluar sebagai juara Premier League musim lalu dengan Manchester City sebagai runner-up dan berturut-turut ada Manchester United dan Chelsea di peringkat 3 dan 4.

Pandemi Covid-19 boleh saja mengguncang perekonomian Inggris, tidak terkecuali klub-klub sepak bola di sana. Namun demi, menyongsong musim baru, tim-tim liga kasta teratas sepak bola negeri Ratu Elizabeth itu tengah memperkuat skuadnya masing-masing dengan mendatangkan atau menjual pemainnya di bursa transfer musim panas ini.

Namun yang menjadi fokus para penggemar, tentunya adalah enam tim elit atau biasa dijuluki ‘The Big Six’. Keenam tim ini adalah Manchester United, Liverpool, Manchester City, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Berikut detail transfer pemain keenam klub tersebut sejauh ini.

Manchester United

Penguasa Liga Inggris dengan 20 gelar juara ini belum mendatangkan seorangpun pemain. Kendati demikian, mereka berhasil memperpanjang masa peminjaman dari pemain asal klub China, Shanghai Shenhua, Odion Ighalo hingga akhir Januari tahun depan. Pemain berkebangsaan Nigeria itu sempat memancing minat klub raksasa Prancis PSG untuk merekrutnya. Namun orang dekat Ighalo menyatakan Ighalo berada di klub impian masa kecilnya dan tidak tertarik pindah.

Manchester United juga memulangkan kembali kiper muda berbakatnya, yakni Dean Henderson dari masa peminjamannya di Sheffield United dan siap menjadi pesaing utama David De Gea di bawah mistar gawang.

Selain itu, usai gagal mendaratkan Jadon Sancho dari Borussia Dortmund, Manchester United terus berupaya memperkuat lini tengahnya dengan berusaha mendatangkan Jack Grealish dari Aston Villa. Namun, mereka masih terbentur masalah harga karena The Villains mematok harga kaptennya itu dikisaran 70-80 juta Pounds. Mereka menyiapkan tawaran menggiurkan untuk Aston Villa demi mengurangi harga Grealish.

Mereka menawarkan opsi tukar tambah pemain yang menyertakan nama Sergio Romero dan Diogo Dalot sebagai tumbalnya. Namun jika transfer Grealish gagal, mereka masih bisa merekrut Donny Van De Beek dari Ajax. Lalu ada juga rumor tentang ikut sertanya United dalam perburuan Lionel Messi.

Selain sektor tengah dan depan, demi menjadi penantang gelar yang serius musim depan, United berusaha mendatangkan bek baru. Ada beberapa nama yang masuk ke dalam radar Setan Merah, tetapi nama yang paling dekat untuk merapat adalah bek kiri Sevilla, Sergio Reguilon.

Liverpool

Seteru abadi Setan Merah ini berhasil meraih gelar Liga Inggris pertamanya di era Premier League setelah menunggu 30 tahun lamanya pada musim lalu. Tim asal wilayah Merseyside ini awalnya kalem-kalem saja di bursa transfer musim panas ini. Mereka mendatangkan bek kiri asal Yunani, yaitu Kostas Tsimikas.

Namun usai mereka ditekuk Arsenal 4-5 lewat adu penalti (skor waktu normal 1-1) di ajang Community Shield, Liverpool segera bergerak cepat mendatangkan Ismaila Sarr, winger milik Watford yang baru saja terdegradasi musim lalu. Tidak main-main, The Reds tidak lagi menego harga 40 juta Pounds yang dipatok Watford untuk sang pemain.

Selain berburu pemain baru, Liverpool juga melepas beberapa pemainnya, termasuk dua pemain seniornya, yakni Dejan Lovren dan Adam Lallana.

Manchester City

Manchester City boleh jadi duduk sebagai runner-up musim lalu di papan klasmen. Namun pergerakan klub milik anggota keluarga Kerajaan Uni Emirat Arab ini sangat agresif di bursa transfer musim panas ini. Yang mendasari hal ini adalah kegagalan mereka mempertahankan gelar juara usai kalah 18 poin dari sang juara Liverpool dan juga pastinya akibat dari tersingkirnya mereka di Liga Champions di tangan Lyon.

Sejauh ini The Citizens berhasil mendaratkan Ferran Torres dari Valencia dengan banderol 25 juta Pounds dan Nathan Ake dari Bournemouth senilai 41 juta Pounds. Namun mereka dikabarkan akan mendatangkan lima pemain baru lagi dengan lini belakang sebagai fokus utama mereka.

Belanja gila-gilaan Manchester City ini bukan lagi hal mengejutkan sebab setiap musim mereka selalu melakukan hal yang sama. Meskipun mereka baru saja lolos dari jerat hukuman UEFA terkait peraturan Financial Fair Play (FFP), tetapi itu tidak menghentikan ambisi The Citizens untuk memperkuat skuadnya. Apalagi sekarang mega bintang asal Argentina, Lionel Messi dirumorkan semakin merapat ke Etihad Stadium.

yamaha

Apabila transfer-transfer itu terwujud, bisa dibayangkan betapa menakutkannya skuad Tim Biru Langit.

Chelsea

Chelsea banyak mengandalkan pemain-pemain muda akademinya saat mengarungi kampanye musim lalu bersama pelatih baru, sekaligus legenda mereka Frank Lampard. Namun Chelsea begitu jor-joran belanja di bursa transfer kali ini demi memperkuat skuadnya.

Di lini serang sudah ada Timo Werner dari RB Leipzig dan Hakim Ziyech dari Ajax Amsterdam yang mendarat di Stamford Bridge. Meskipun mendapatkan dua pemain itu, mereka masih berusaha mendaratkan Kai Harvetz dari Bayer Leverkusen.

Di lini belakang ada tiga pemain baru. Mereka adalah Malang Sarr dari Nice, Xavier Mbuyamba dari akademi Barcelona dan yang teranyar adalah mantan kapten Paris Saint-Germain (PSG), Thiago Silva .

Dilansir dari Daily Star, Chelsea belum puas belanja pemain. Mereka masih ingin terus mendatangkan pemain baru sebelum bursa transfer musim panas yang akan ditutup pada 5 Oktober mendatang.

Diyakini masih ada tiga pemain bakal diburu klub asal London Barat tersebut. Ketiga pemainnya akan mengisi pos di lini serang, lini tengah, dan di posisi penjaga gawang.

Di lini tengah, Chelsea masih ngebet mendatangkan Declan Rice. Pemain West Ham United itu bukanlah sosok asing di Chelsea sebab dulu pernah bermain di tim akademinya.

Sedangkan di posisi penjaga gawang ada banyak nama yang menjadi incaran. Itu disebabkan gagalnya Kepa Arrizabalaga yang dibeli Chelsea dengan status sebagai kiper termahal dunia sehingga Chelsea memutuskan untuk mencari kiper baru. Usai Chelsea gagal mendapatkan Jan Oblak dari Atletico Madrid, kini Chelsea melirik Andre Onana dari Ajax, Mike Maignan dari Lille, Edouard Mendy dari Rennes, hingga Gianluigi Donnarumma dari AC Milan.

Arsenal

Arsenal boleh jadi hancur-hancuran di liga setelah hanya finish di posisi 8 musim lalu. Namun bersama legenda mereka Mikel Arteta, mereka berhasil meraih gelar FA Cup dan Community Shield usai masing-masing mengalahkan Chelsea dan Liverpool.

The Gunners mungkin baru saja kehilangan juru negosiator mereka Raul Sanllehi yang pergi, tetapi sejauh ini mereka mendatangkan Willian secara cuma-cuma dari Chelsea. Selain itu, mereka akan kedatangan Gabriel Magalhaes dari Lille dengan mahar 25 juta Euro.

Meskipun Arsenal membutuhkan perombakan skuad besar-besaran untuk bersaing dan kembali ke Liga Champions. Namun sementara mereka akan memantau situasi pasar transfer terlebih dahulu karena dampak pandemi.

Tottenham Hotspur

Bos besar Tottenham Hotspur, Daniel Levy terkenal sangat pelit belanja pemain demi klubnya. Namun semua berubah setelah dia menunjuk Jose Mourinho sebagai nakhoda baru tim asal London Utara itu. Sepertinya ambisi Levy untuk mengakhiri puasa gelar Tottenham Hotspur lebih dari satu dekade benar-benar serius.

Tottenham Hotspur pun tidak ketinggalan di bursa transfer musim panas ini. Klub asuhan Jose Mourinho itu kabarnya setuju mendatangkan bek Wolverhampton, Matt Doherty. London Evening Standard melaporkan, Tottenham dan Wolves sepakat di angka 15 juta Pounds untuk Doherty. Rencananya, Doherty akan melakukan tes medis pada akhir pekan ini.

Tottenham terpikat kepada Doherty yang membuat 50 penampilan musim lalu bagi Wolves. Pemain berusia 28 tahun tersebut ikut membantu Wolves melangkah hingga perempat final Liga Europa musim lalu.

Bagi Tottenham, Doherty akan menjadi rekrutan ketiga mereka. Sebelumnya, tim berjuluk The Lilywhites itu telah mendatangkan Pierre-Emile Hojbjerg dari Southampton dan Joe Hart yang berstatus bebas transfer.

Tottenham pada musim lalu finish di peringkat ke-6 klasemen Liga Inggris. Hugo Lloris dan kawan-kawan mengeoleksi 59 poin dari 38 pertandingan. Capaian lebih baik tentu menjadi bidikan Mourinho di musim ini. Paling tidak, Harry Kane dan kawan-kawan bisa masuk ke Liga Champions musim depan dan tentunya mengakhiri puasa gelar mereka pada musim-musim berikutnya. (C)

Laporan: M. Zulfikar
Editor: Sarini Ido
Diolah dari berbagai sumber

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.