Buruan Daftar! Pemilihan Duta Bahasa Sultra Kembali Dibuka

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara kembali membuka pendaftaran Duta Bahasa Sultra 2020. Ajang ini bertujuan mencari insan muda yang dapat mengampanyekan kepada masyarakat untuk menggunakan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing secara proporsional.

Pendaftaran Duta Bahasa Sultra kali ini dibuka 1 Januari-29 Februari 2020. Dibandingkan tahun sebelumnya, masa karantina peserta Pemilihan Duta Bahasa nantinya dibuat lebih lama dengan maksud mencari pemuda yang semakin berkualitas.

“Tahun ini masa karantinanya lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu enam hari karena kami ingin mencetak dubas (Duta Bahasa) yang lebih berkualitas,” ujar Ketua Ikatan Alumni Dubas Sultra, Muh. Kamaruddin Jamal, Rabu (15/1/2020).

(Baca juga: Duta Bahasa Sultra 2019 Berasal Dari Kendari)

(Baca juga: Duta Bahasa Sultra Perpanjangan Tangan Program Kantor Bahasa Sultra)

Masyarakat yang berminat di ajang tersebut tentunya harus melewati sejumlah seleksi, salah satunya syarat administrasi.

Peserta Pemilihan Dubes Sultra 2020 diharuskan berkewarganegaraan Indonesia dan berdomisili di Sultra, berpendidikan minimal SLTA, berpenampilan menarik, berusia antara 18-25 tahun dan belum menikah (dibuktikan dengan KTP atau akta kelahiran), mampu berbahasa Indonesia yang baik dan benar, dan menguasai salah satu bahasa daerah di Sultra da bahasa asing.

Sedangkan persyaratan berkas pendaftaran, berupa:

  1. Biodata berisi keterangan perorangan, pendidikan (formal dan nonformal), kegiatan (prestasi dan organisasi);
  2. Salinan kartu tanda penduduk atau akta kelahiran;
  3. Salinan ijazah terakhir;
  4. Foto berwarna seluruh badan 3R;
  5. Esai kegiatan kebahasaan dan kesastraan (tulis tangan) minimal 500 kata. Contohnya dapat diunduh melalui tinyurl.com/esaipildubas2020;
  6. Mengisi pendaftaran yang dapat diunduh melalui bit.ly/dubassultra2020.

Berkas dapat dikirim melalui [email protected] atau dapat diantar ke Kantor Bahasa Sultra di Jalan Halu Oleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu (samping Mapolda Sultra).

Rangkaian seleksi dan pelaksanaan Pemilihan Dubas Sultra diawali dengan pengumuman berkas pada 1 Maret, tahapan wawancara pada 5-6 Maret, pengumuman 30 finalis pada 7 Maret, taklimat pada 8 Maret, dan Pemilihan Duta Bahasa 10-15 Maret 2020.

Pemilihan Dubes Sultra 2020 tidak dipungut biaya. (Adv)

Laporan: Nely
Editor: Sarini Ido

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.