Buruh TKBM Duduki Kantor DPRD Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Ribuan massa yang mengatasnamakan diri Anggota dan Keluarga Koperasi Karyawan Karya Bahari TKBM Pelabuhan Kendari, Selasa (31/5/2016) mendatangi gedung DPRD Sultra. Kedatangan para buruh ini untuk menuntut pembentukan KSU Tunas Bangsa Mandiri sebagai TKBM Pelabuhan Kendari.

 

KSU Tunas Bangsa Mandiri yang dibentuk melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) yang dilakukan Dinas Koperasi Provinsi Sultra ini, diduga akan mematikan TKBM Karya Bahari yang beropersi sejak tahun 1990 di pelabuham kendari.

 

\”Tindakan yang dilakukan La Ode Andi Pili selaku Kepala Dinas yang membentuk TKBM tandingan tentu merupakan pelanggaran UU, sebab pembentukan ini merupakan wewenang Mentri bukan Kadis,\” ungkap Jenderal Lapangan, Miswan.

 

Massa juga mengancam akan menghentikan aktifitas pelabuhan sebelum TKBM tandingan tersebut dibubarkan.

 

\”Kalau buruh yang melakukan boikot tentu akan menimbulkan inflasi dan kelangkaan barang, tidak hanya itu akibat kebijakan ini, ratusan buruh terancam kehilangan pekerjaan dan ini harus disikapi dengan segera,\” ujar Jumadil perwakilan massa lainnya.

 

Dalam aksi tersebut buruh pelabuhan langsung menyisir gedung dewan yang ditinggal reses oleh para legislator. Namun beberapa saat kemudian Wakil Ketua DPRD Sultra, Nursalam Lada yang kebetulan masih berkator akhirnya menemui massa.

 

\”Kita pasti akan mengakomodir tuntutan buruh TKBM, hanya saja saat ini anggota sedang melakukan reses, tetapi selesai itu kita akan panggil semua pihak terkait lalu adakan hearing bersama para buruh,\” janjinya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.