Buton Rencanakan Setiap Kecamatan Punya Kampung KB

  • Bagikan
Ilustrasi Kampung KB. (Foto: Google)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabup[aten Buton, Sulawesi Tenggara bakal membentuk kampung Keluarga Berencana (KB) di tujuh kecamatan di wilayah itu pada 2017.

“Kampung KB ini nanti akan diitempatkan di tiap-tiap kecamatan pada tujuh kecamatan yang ada, untuk setiap kecamatan diwakili satu desa,” kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Buton, Nasbah saat ditemui di kantor Bupati Buton, Rabu(4/10/2017).

Ketujuh kecamatan tersebut, yakni Pasarwajo, Kapontori, Siotapina, Wabula, Wolowa, Lasalimu, dan Lasalimu Selatan.

Dijelaskan, tujuan kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menekan laju pertumbuhan penduduk dan masyarakat miskin, padat penduduk, terpencil, tertinggal, serta penggunaan KB.

“Kami sangat apresiasi dan berharap pembentukan kampung KB kali ini bisa berjalan dengan baik serta sesuai kegiatan dan keinginan kami. Semua ini untuk menuju keluarga yang aman dan sejahtera,” harap Nasbah.

Kampung KB mulai digencarkan BKKBN, agar tak hanya berfokus pada masalah pengendalian penduduk. Namun ditingkatkan juga ke aspek perhatian masalah pembangunan keluarga. Hal itu ditekankan dari Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, sebagai dasar pelaksanaan program kependudukan dan keluarga berencana. Dengan kata lain, penguatan program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tahun 2015-2019, BKKBN kemudian menjawabnya dengan program Kampung KB.

Program ini bisa terlaksana, tentunya didukung data kependudukan yang akurat, dukungan dan komitmen pemda, dan masyarakat ikut berpartisipasi serta berperan aktif demi suksesnya kampung KB di wilayahnya.

Laporan: La Ode Ali

  • Bagikan