Buton Terima 15 Handtraktor dari Kementan RI

  • Bagikan
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Azizu. (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pemerintah Kabupaten Buton melalui Dinas Pertanian mendapat bantuan 15 unit mesin handtraktor dari Kementerian Pertanian (Kemenpan) RI di 2017. Alat itu nantinya akan disewakan kepada masyarakat tani secara berkelompok.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Azizu mengatakan untuk penggunaan handtraktor, pihaknya masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Mengenai mekanisme sewa alat tersebut akan dikelola oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) setempat sebagai biaya perawatan dan pemeliharaan mesin.

“Alatnya sudah ada, tapi kita masih tunggu petunjuk dari provinsi, alat itu nantinya digunakan masyarakat tapi disewa, ya berkelompok, biaya dari sewa itu digunakan untuk pemeliharaan mesin yang dikelola oleh BPP,” kata Azizu di ruang kerjanya, Senin (24/7/2017).

Dijelaskan, mesin handtraktor akan digunakan masyarakat untuk mengolah tanah khususnya pada lahan sawah dan jagung di wilayah itu. Sebab, salah satu kendala petani padi selama ini yaitu proses pengolahan tanahnya.

“Kalau pakai Hhandtraktorkan lebih cepat tanahnya diolah, karena memang itu juga yang menjadi kendala para petani kita,” terang Azizu.

Laporan: La Ode Ali

  • Bagikan