SULTRAKINI.COM: Komedo adalah benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit berwarna hitam, yang muncul karena folikel rambut tersumbat di daerah wajah. Ada banyak cara untuk mengatasi komedo parah, diantaranya dengan cara dikeluarkan secara manual, pemberian obat-obatan medis, terapi laser, terapi cahaya, chemical peels, serta mikrodermabrasi.

Cara Jitu Atasi Komedo Parah dan Membandel
Cara Jitu Atasi Komedo Parah Dan Membandel

Komedo ringan atau komedo parah, salah satu jenis jerawat ringan yang umumnya muncul pada wajah. Namun bisa juga muncul di punggung, leher, dada, bahu, dan lengan. Komedo terjadi ketika folikel rambut melebar dan terisi oleh serpihan kulit, bakteri, atau minyak. Komedo parah yang terinfeksi atau meradang akan berubah menjadi jerawat.

Terdapat beberapa jenis komedo, diantaranya komedo hitam atau terbuka, putih atau tertutup, mikrokomedo, makrokomedo, giant comedo,dan komedo solar.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya komedo, yaitu karena produksi minyak berlebih dan penumpukan bakteri Propionibacterium Acnes pada permukaan kulit. Produksi minyak umumnya terjadi pada saat remaja, saat menstruasi, atau pun saat mengonsumsi pil KB. Selain itu, iritasi folikel rambut yang terjadi ketika sel kulit mati tidak terkelupas secara teratur. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid, lithium, atau hormon androgen juga bisa memicu munculnya komedo.

Untuk mencegah munculnya komedo yang berubah menjadi komedo parah, anda juga bisa melakukan beberapa langkah sederhana, seperti membersihkan wajah secara teratur dengan sabun lembut setidaknya dua kali sehari. Gunakan produk kosmetik atau perawatan kulit yang bebas minyak. Pilih produk kosmetik yang berlabel noncomedogenic. Anda juga bisa menggunakan produk pengelupas kulit seperti scrub dan masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah. serta tidak ketinggalan, pilihlah produk yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit dan sesuaikan dengan jenis kulit wajah.


Sumber: Alodokter.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations