SULTRAKINI.COM: Kehidupan masyarakat pada saat ini tentu tidak dapat dipisahkan dari keberadaan smartphone. Hidup terasa jadi lebih mudah dan ringkas dengan keberadaan smartphone dengan perangkat pendukungnya. Mulai dari berkomunikasi dengan mereka yang berjarak jauh, memesan layanan online, hingga mengabadikan momen berharga.

Cara Teknologi Smartphone Rusak Kesehatan Tubuh Secara Perlahan
Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Jika dipergunakan secara bijak, smartphone tentu saja memberi banyak kemudahan. Namun jika menggunakan smartphone secara berlebihan dan tidak bisa melepaskan diri dengan smartphone, maka bisa dipastikan bahwa kehidupan akan terganggu. Begitu pula dengan kondisi kesehatan tubuh.

Dilansir dari thehealthsite.com, ini dia bukti atau cara bahwa smartphone bisa merusak kesehatan tubuh tanpa kamu menyadarinya.

1. Smartphone meningkatkan risiko obesitas

Ketika terlalu asyik dengan smartphone yang dipegang, seseorang pun enggan untuk melakukan aktivitas lain. Gerak tubuh jadi menurun. Dan seseorang melakukan segalanya dengan duduk, termasuk makan.

Tanpa disadari, massa tubuh pun meningkat. Bahkan penelitian terbaru dari Penn State College of Medicine menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu dengan smartphone hingga larut malam akan berisiko tinggi untuk terkena obesitas karena masalah metabolik yang terjadi pada diri mereka.

2. Sinyal Wi-Fi mampu menurunkan kualitas sperma

Peneliti di Nascentis Medicina Reproductiva di Argentina menemukan bahwa sinyal Wi-Fi telah terbukti bisa menurunkan kualitas sperma pria. Peneliti mengambil sampel dari 29 pria sehat dan meminta mereka untuk bekerja dengan cara memangku laptop. Kemudian dilakukan penelitian dan ditemukan bahwa 25 persen sel sperma mereka rusak dan tidak bergerak.

3. Texting berlebihan membahayakan sendi

Texting atau chatting dengan teman memang terasa menyenangkan, apalagi jika sedang terlibat dengan pembicaraan yang seru. Namun texting tanpa henti atau berlebihan bisa menyebabkan nyeri sendi. Khususnya di jari. Dan dokter menamai fenomena ini dengan 'texting thumb'.

4. Membuatmu menderita cell phone elbow

Selain membuatmu berpotensi mengalami texting thumb, chatting secara berlebihan juga bisa membuatmu menderita 'cell phone elbow'. Peneliti menamakan kondisi ini demikian karena saat kamu sedang melakukan chatting atau texting, siku menekuk pada sudut tertentu dengan waktu lama yang menyebabkan kompresi dan rasa sakit pada saraf ulnaris.

5. Menurunkan kesehatan mata

Pernahkah bertanya-tanya kenapa merasa lelah setelah menggunakan smartphone padahal kamu tidak melakukan aktivitas berat lainnya. Hal ini terjadi karena kamu menatap layar smartphone dalam waktu lama yang kemudian menyebabkan mata kering, sakit kepala, mudah lelah, hingga pandangan mata yang kabur.

6. Mengacaukan postur tubuh

Penggunaan smartphone, laptop, atau gawai lainnya yang berlebihan bisa menyebabkan ketegangan di punggung dan leher. Ketegangan yang berlangsung terus-menerus akan memberikan tekanan di punggung dan berakibat buruk pada pembentukan postur tubuh. Belum lagi dengan peradangan yang ditimbulkannya.

Itulah beberapa bukti saat penggunaan smartphone secara berlebihan mampu merusak kesehatan tubuhmu secara diam-diam. Oleh karena itu gunakan smartphone yang dimiliki dengan bijak.


Sumber: merdeka.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations