Iklan Clarion

Cata Mencegah Infeksi Saluran Kemih

SULTRAKINI.COM: Infeksi saluran kemih tidak asing lagi ditelinga, bahkan sudah banyak orang yang mengalaminya. Infeksi saluran kemih terjadi jika tubuh tidak bisa mengatasi pertumbuhan kuman dan bakteri. Gejala yang menunjukkan penyakit tersebut adalah timbulnya rasa nyeri dan sensasi terbakar saat buang air kecil.

Gangguan kemih ini lebih banyak dialami oleh wanita. Penyebabnya, intensitas berkemih yang lebih sering serta organ intim wanita yang cenderung lembap memudahkan bakteri berkembang. Meski begitu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi saluran kemih, seperti dilansir dari laman Step to Health, Senin (11/12/2017).

1. Gunakan celana dalam katun

Pemilihan bahan pakaian dalam seperti underwear merupakan hal penting. Hal ini juga berpengaruh pada risiko terkena infeksi saluran kemih. Jika ingin mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa menggunakan celan dalam berbahan katun.

Pemilihan celana dalam berbahan katun bisa membantu menyerap keringat dan menurunkan risiko berkembangnya bakteri. Selain itu, upayakan mengganti celana dalam minimal tiga kali sehari dan hindari celana yang terlalu ketat.

2. Konsumsi cukup air putih

Sebagian besar kasus infeksi saluran kemih terjadi akibat kurangnya asupan air minum. Hal ini dapat mempengaruhi fungsi ginjal dan membuat produksi urine semakin berkurang. Kondisi juga membuat kuman mudah sekali berkembang.

Untuk menghindari hal tersebut, seseorang hanya perlu memastikan konsumsi air putih cukup setiap hari, yaitu sebanyak delapan gelas.

3. Jangan tahan buang air kecil

Kebiasaan menahan buang air kecil ternyata bisa membahayakan kesehatan. Apalagi jika seseorang menahan buang air kecil dalam waktu yang lama. Selain menyebabkan sakit ginjal, menahan kencing juga bisa membuat seseorang mudah terkena infeksi saluran kemih. Untuk itu jangan pernah menunda-nunda jika Anda ingin buang air kecil.

4. Buang air kecil setelah berhubungan seksual

Setelah melakukan hubungan seksual, sebaiknya Anda buang air kecil. Hal ini dapat membantu mengeluarkan kuman-kuman yang tertinggal di uretra. Dengan membiasakan buang air kecil sebelum dan sesudah bercinta, Anda bisa mencegah terkena infeksi saluran kemih.

5. Hindari produk beraroma

Untuk menjaga kebersihan organ intim, tidak perlu menggunakan produk yang mengandung pewangi. Pada umumnya, produk tersebut mengandung zat tertentu yang dapat mengubah kadar pH dan meningkatkan risiko serangan bakteri dan jamur.

Kebiasaan menggunakan produk beraroma juga bisa mengarah pada infeksi saluran kemih.

Sumber: liputan6.com

Komentar
Loading...