Catat, Satu Lokasi Ngabuburit Asik di Buton

  • Bagikan
Kawasan TPI, Kelurahan Wagola, Kecamatan Pasarwajo. (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Istilah ngabuburit sepertinya sudah tidak asing apalagi menjelang bulan suci ramadan. Biasanya ketika mendengar kata itu yang terpikirkan pertama, tempat asik mengisi waktu sembari menunggu berbuka puasa bersama keluarga atau kerabat.

Tidak ada salahnya sejak sekarang mengumpulkan informasi lokasi ngabuburit, mengingat puasa tinggal menunggu beberapa hari lagi. Khusus Kabupaten Buton, Sulawesi Tengara, terdapat lokasi ngabuburit asik, yakni Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Kelurahan Wagola, Kecamatan Pasarwajo.

TPI yang identik dengan ikan, kotor dan aroma tidak sedap akan terasa berbeda ketika berada di tempat ini. Bahkan masyarakat setempat menjadikannya kawasan ini sebagai pilihan favorit bersantai dengan orang-orang terdekat.

“Memang setiap tahun, khususnya bulan puasa itu banyak masyarakat yang datang menghabiskan waktu di sini (TPI) untuk menunggu waktu buka puasa,” kata Kepala Seksi Pengelolaan TPI, Yusuf di ruang kerjanya, Senin(22/5/2017).

Dihari-hari biasa pun, TPI banyak dikunjungi masyarakat sekedar menikmati pemandangan sore hari atau berfoto. Lagipula tidak ada tarif untuk mengunjungi tempat tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Imran, Salah Seorang Pengunjung TPI yang tidak pernah melewatkan ngabuburit dikala bulan puasa karena tempatnya yang nyaman. “Iya, saya juga sering datang disini dengan teman-teman kalo mau tunggu buka puasa,” ujarnya.

“Di sini (TPI) bagus pemandangannya soalnya, baru nyaman, ya paling kita datang foto-foto saja baru pulang,” sambung pengunjung lainnya yang enggan disebutkan namanya.

Kawasan TPI memang nyaman dengan adanya pepohonan rindang. Dari tempat ini juga pengunjung dapat melihat keindahan Pasarwajo secara keseluruhan.

Laporan: La Ode Ali

  • Bagikan