Cegah Covid-19, Wali Kota Kendari Siapkan 35 Sprayer Disinfektan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 terus diupayakan oleh pemerintah Kota Kendari. Selain dengan melalui himbauan, Wali Kota Kendari juga telah menyediakan sebanyak 35 unit sprayer disinfektan sebagai alat semprot pencegahan penyebaran virus.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengatakan alat-alat semprot tersebut akan di peruntukkan pada 11 kecamatan di Kota Kendari. Sehingga, jika ada masyarakat kota yang berkeinginan atau ada lokasi yang ingin disterilkan bisa langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

“Ini kita akan prioritaskan di 11 kecamatan, kalaupun ada instasi pemerintah atau swasta misalnya perbankan, yang tidak menghentikan layanan, dan ingin room officenya disterilisasi bisa langsung berkoordinasi dengan kami,” kata Sulkarnain, Sabtu (21/3/2020)

Katanya, mulai besok (22/3) petugas BPBD kota bersama dengan personil Satuan Pol-PP akan turun melakukan memback-up penyemprotan di beberapa lokasi yang memungkinkan terjadi penyebaran virus corona, secara terjadwal hingga 14 hari.

“Mulai besok kita akan turun menyemprot, karena dengan cara inilah kita bisa meminimalisir terjadinya penyebaran virus corona ini,” ucapnya.

Sebagai langkah awal penyemprotan, BPBD Kota Kendari, Sabtu (21/3), telah melakukan penyemprotan diarea parkir, ruang tunggu penumpang, serta bagian jalur kenaikan penumpang di Pangkalan Penyeberangan Pelabuhan Kendari.

Juga termasuk dilingkungan rumah warga kota kendari yang sudah dinyatakan positif corona, berdasarkan hasil pemeriksaan sampel yang diumumkan oleh pemerintah pusat.

Upaya yang tengah dilakukan oleh pemerintah kota ini juga merupakan hasil koordinasi dengan pemerintah provinsi dan juga tim Satgas Covid-19 provinsi dan kota.

Wali Kota utusan PKS ini juga menyampaikan jika ada pihak-pihak dari pengusaha-pengusaha lokal maupun diluar daerah, pemerintah kota kendari membuka kesempatan lebar bagi para donatur yang ingin memberikan sumbangan secara sukarela, baik itu dalam bentuk materil maupun alat-alat kesehatan yang dibutuhkan dalam penanganan dan pencegahan corona.

“Kita buka peluang donasi ataupun sukarelawan yang ingin ikut membantu dalam pencegahan covid-19 ini, pengusaha misalnya, kalau punya stok masker banyak bisa didonasikan kepada kami,” katanya.

Meski begitu, pemerintah kota juga telah mengalokasikan beberapa anggaran kontigensi sebagai upaya pencegahan dan penanganan virus berbahaya ini.

“Mudah-mudahan ini semua bisa meringankan dan memberi ketenangan bagi seluruh masyarakat kota kendari, ” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.