Pilkada koltim

Cegah Karhutla, BPBD Kendari Rutin Lakukan Patroli

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) rutin melakukan patroli di hutan kota guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala BPBD Kota Kendari, Suhardin. Katanya, BPBD hampir setiap hari melakukan pemantauan. Tidak hanya itu, pihaknya juga menghimpun informasi dari masyarakat.

“Hutan kita yang ada di Kota Kendari kan mulai dari Kecamatan Kendari dan Kendari Barat yang panjang termasuk Mandonga. Meski ini juga menjadi kewenangan provinsi, tetapi kita selalu memantau dan mengingatkan masyarakat,” ungkap Suhardin, Rabu (2/10/2019).

Pilkada

“Untuk sementara tidak ada kebakaran hutan. Yang kita khawatirkan, sekarang kan musimnya perombakan hutan, persiapan menanam. Makanya, kita gencar memantau,” lanjutnya.

Dari segi penanganan dan persiapan, kata Suhardin, pihaknya selalu berkoordinasi dengan OPD terkait, dalam hal ini Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kendari. Pihaknya pun menyiapkan alat pompanisasi, jika terjadi kebakaran hutan.

“Kalau terjadi kebakaran kan tanggung jawabnya BPBD. Makanya, kita koordinasi dengan pemadam. Kalau kita sendiri menyiapkan lima unit alat pompanisasi air dan menyiapkan personil,” pungkas Suhardin.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.