SUARA

Cegah Soal Bocor, Bawaslu Gelar Tes Tulis Serentak dan Periksa Jawaban di Tempat

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Seleksi tahap dua rekrutmen Panwascam di tujuh kabupaten dan kota yang mengikuti Pilkada 2017 dilaksanakan serentak, Jumat (1/7/2016). Bawaslu Sultra berargumen, untuk tes ini sengaja dilakukan serentak untuk mengantisipasi kebocoran soal yang diteskan.

Dikatakan Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu, saat ditemui SULTRAKINI.COM di lokasi tes Panwascam Kota Kendari. “Proses seleksi tulis ini dilakukan serentak di hari dan jam yang sama. Ini dimaksudkan agar peserta di setiap daerah tidak saling kontak dengan daerah yang lain,” terang Hamiruddin.

Selain itu, kata Hamiruddin, soal yang dibagikan ke peserta juga langsung dari Bawaslu dan kunci jawaban diserahkan Bawaslu ke Panwaslu saat hasil tes akan diperiksa.

Kata akademisi UHO ini, dalam proses pemeriksaan hasil jawaban peserta, juga dilakukan setelah ujian tulis selesai. Hal ini, katanya lagi, dilakukan sebagai bentuk transparansi Bawaslu dalam melakukan rekrutmen.

yamaha

“Setelah tes (tulis) ini selesai, hasil jawaban peserta ditukar dengan peserta di ruangan lain untuk diperiksa oleh peserta lain. Ini dimaksudkan sebagai bentuk transparansi Bawaslu ke publik. Selain itu, dengan model seperti ini peserta dapat mengukur diri dengan hasil tesnya,” terang Hamiruddin.

Kata dosen FKIP ini, pemeriksaan tes dengan model tersebut juga untuk menghindari anggapan dari luar yang mengatakan peserta merupakan orang titipan. Dengan begitu, katanya lagi, anggapan-anggapan negetif tentang proses seleksi Panwascam dapat terbantahkan.

“Untuk materi tesnya sendiri menyangkut Undang-undang Pemilu, Peraturan KPU, Peraturan Bawaslu, dan kasus-kasus dalam Pemilu,” terang Hamiruddin.

Untuk jadwal tes tertulis sendiri, kata Hamiruddin, memang mengalami pengunduran. Hal ini disebabkan pihak Bawaslu disibukkan dengan perampungan laporan hasil PSU II Muna.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.