Cerita Miris Tim Futsal Sultra ke Pentas Nasional dengan Minim Pendanaan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Keberhasilan Tim Futsal Sulawesi Tenggara (Sultra) menembus babak delapan besar hingga masuk semifinal ternyata tanpa dukungan pendanaan saat berangkat. Padahal prestasi tersebut merupakan yang pertama bagi tim futsal bumi anoa ini di level nasional sekelas FFI Futsal Championship 2017.

Dikatakan salah satu official timnya, Sultan AFP Sultra kepada SultraKini.Com bahwa futsal Sultra sebelumnya baru sekali berlaga di level nasional di ajang pra-PON pada tahun 2015 tetapi tak membuahkan hasil. 

“Ini adalah sejarah untuk futsal Sultra karena baru pertama kali bisa sampai ke semifinal di ajang nasional. Sebelumx pra-PON 2 tahun lalu tapi gugur penyisihan di Manado,” jelas Sultan kepada SultraKini.Com melalui whatsapp-nya, Sabtu (16/92017) pagi. 

Ia mengungkapkan berangkatnya 16 pemain dan 4 official ke babak 8 besar FFI Futsal Championship 2017 di Bandung, Jawa Barat, tanpa bantuan dana dari pemerintah maupun pihak swasta. Padahal sebelum berangkat timnya mengajukan permohonan bantuan ke banyak tempat tetapi hasilnya nihil. 

“Sempat ada bantuan dari KONI Sultra waktu ke Makassar bulan lalu, tetapi berangkat ke Bandung untuk babak 8 besar tidak ada bantuan sama sekali dari pemerintah daerah,” jelas Sultan. 

Satu-satunya bantuan yang mereka dapat untuk ke Bandung dari dua manajer tim futsal lain yang ada di Sultra. Sementara untuk pulang, Sultan mengaku masih berpikir untuk biaya tim kembali ke Sultra usai turnamen. 

Sebelum lolos ke delapan besar yang digelar di Bandung Jawa Barat pada 15-17 September 2017, Tim Futsal Sultra menjadi runner-up di laga penyisihan grup C. Hasil ini didapat pada 19-24 Agustus 2017 lalu di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Anak asuhan M. Guntur ini mengoleksi empat kemenangan dan satu kekalahan dari tuan rumah, sehingga meraih 12 poin. Mereka memasukkan 20 gol dan kemasukkan 21 gol.

Kemenangan yang diraih Sultra masing-masing atas Gorontalo 4-2, Maluku Utara 5-4, Nusa Tenggara Barat 6-4, dan Kalimantan Utara 5-4.

Tim Futsal Sultra memang hanya menginjakkan kaki di semifinal. Mereka menjadi peringkat ke empat setelah kalah bersaing menghadapi Jawa Tengah di perebutan tempat ketiga yang digelar Minggu (17/9/2017) pagi. 

Meski begitu, prestasi yang mereka torehkan sampai tembus ke empat besar di ajang nasional sekelas FFI Futsal Championship 2017 – sebelumnya bernama AFP Futsal Championship – untuk pertama kalinya tak bisa dianggap sebelah mata. 

Laporan: Didul Interisti


Baca Juga: 

Comeback Dramatis, Sultra ke Semifinal FFI Futsal Championship 2017

FFI Futsal Championship 2017: Tim Sultra Gagal ke Final

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.