Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Credit Card Addict, Kenali Gejalanya

SULTRAKINI.COM – Setiap bank membuat berbagai fitur untuk menarik perhatian konsumennya, diantaranya adalah dengan menerbitkan sebuah alat pembayaran dari sebuah kartu atau yang dikenal juga dengan nama kartu kredit. Beberapa diantara Anda mugkin sudah kenal bahkan memakainya.

 

Kartu ini merupakan sebuah sistem yang tak jauh berbeda dengan hutang, tentunya disamping dengan hutang pokok juga ada nilai suku bunga yang wajib untuk Anda bayarkan di setiap akhir bulan. Yang membedakan antara satu bank dengan bank lain adalah dari segi tingkat suku bunga tersebut, misalkan saja pada Kartu Kredit BCA dan juga Mandiri, tentunya tak sama menyesuaikan kebijakan yang ada.

 

Selama ini mungkin kita cukup mengenal bahwa banyak diantara mereka pengguna kartu kredit justru memiliki perilaku boros, apalagi segala macam benda yang diinginkan bisa dibeli tanpa harus mengeluarkan uang secara langsung. Artinya bisa bayar belakangan. Beberapa orang juga menggunakan benda ini sebagai sarana untuk memperoleh modal karena sistem kerja juga bisa seperti ATM, meskipun ada nilai denda yang wajib dibayarkan sat Anda menarik uang secara tunai.

 

Disamping segi positif memang selalu ada segi negatif seperti addict credit card tersebut, kamu bisa mengenali hal ini sedini mungkin dari beberapa tanda berikut ini, yaitu:

 

  1. Semua barang yang dibeli selalu dengan pembayaran menggunakan kartu kredit, pernahkah Anda mengalami hal semacam ini, entah itu dengan nilai kecil maupun besar selalu melakukan pembayaran menggunakan kartu tersebut. Sebenarnya sah-sah saja namun seperti yang sudah diketahui bahwa tiap transaksi menggunakan kartu tersebut sangat berpotensi menghadirkan bunga, untuk tiap produk biasanya akan dikenali nilai bunga yang berbeda, namun beberapa memang ada yang justru memberikan potongan harga.
  2. Merasa selalu aman karena masih ada limit di dalamnya padahal itu sebenarnya hutang, Anda tak memiliki uang sepeserpun dalam dompet namun merasa sudah sangat nyaman karena ada credit card, itu sangat salah karena limit yang ada di dalamnya tak lebih dari sekedar pinjaman bank, dalam artian bahwa Anda adalah pihak yang berhutang.
  3. Limit yang ada didalamnya selalu habis setiap bulan, nilai limit dari tiap kartu memang berbeda, namun jika penghasilan habis begitu juga dengan limit coba ditotal sebenarnya berapa biaya konsumsi Anda dalam bulan tersebut. Ini merupakan salah satu gejala bahwa Anda sudah tak dapat dikontrol lagi penggunaannya, padahal sebenarnya credit card merupakan bentuk bantuan jika ada hal-hal mendesak dan uang sudah habis.
  4. Memiliki lebih dari satu kartu dari beberapa bank berbeda, meskipun Anda hanya mengajukan dengan nilai limit kecil, tetapi jika jumlahnya banyak coba hitung sebenarnya berapa besar uang yang berpotensi untuk kamu pinjam. Bisa-bisa lebih besar dari gaji per bulannya.
  5. Gali lubang tutup lubang, gaji bulan ini habis untuk membayar tagihan, bahkan nilainya kurang, namun Anda masih senang membayar menggunakan alat tersebut, hal ini tak ada bedanya dengan gali lubang tutup lubang.

 

Jika kamu merasa sudah mengalami gejala tersebut ada baiknya untuk segera menutup beberapa kartu kredit yang dimiliki agar tak menimbulkan hutang yang semakin parah.

 

Namun bagi yang penasaran ingin mencoba atau mungkin ingin merasakan keuntungan menggunakan alat pembayaran tersebut juga jangan ragu untuk membuatnya. Pilihlah nilai limit yang paling kecil sebagai alat jaga-jaga untuk biaya tak terduga, pilih juga lembaga penerbit yang terpercaya seperti BCA kartu kredit.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.