Cuaca Buruk, Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Nusantara Raha Diprediksi Menurun

SULTRAKINI.COM: MUNA – Arus mudik pada H-8 jelang hari Raya Idul Fitri 1439 Hijiriah, melalui jasa penyebrangan Pelabuhan Nusantara Raha belum nampak adanya lonjakkan penumpang. Pasalnya aktifitas masih terbilang normal seperti biasanya.

Menurut Kapolsek Wilayah Pelabuhan Raha, IPDA Kamaruddin, hal itu disebabkan faktor cuaca buruk yang disertai angin kencang dan tingginya ombak di peraian pulau cimpedak beberapa hari terakhir, menyebabkan para calon penumpang yang hendak menggunakan jasa angkutan laut menjadi sedikit berkurang.

“Kemungkinan alternatif para penumpang nantinya memilih mudik menggunakan jasa angkutan feri torobulu-tampo dan Amolengo-Labuan. Sepertinya kepadatan arus mudik nanti justru terjadi disana karena kebetulan adanya program penyebrangan gratis,” Kata IPDA Kamaruddin saat membagikan sekitar 300 porsi takjil gratis di pelabuhan nusantara Raha, Rabu (6/6/2018).

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2018 yang akan dilaksanakan pada H-7 jelang hari Raya Idul Fitri (7/6/2018) di Pelabuhan Nusantara Raha, Polres Muna menyiagakan sebanyak 32 personil bekerja sama dengan personil Kodim 1416/Muna dan stackholder terkait.

Para ibu Bhyangkari Polsek Wilayah Pelabuhan Raha, turut membagikan takjil gratis di depan pintu masuk pelabuhan nusantara Raha. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)
Para ibu Bhyangkari Polsek Wilayah Pelabuhan Raha, turut membagikan takjil gratis di depan pintu masuk pelabuhan nusantara Raha. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

Pihaknya juga segera melakukan rapat kordinasi bersama pihak Dishub. Muna dan Syabandar dalam rangka pengamanan dan ketertiban di wilayah Pelabuhan Nusantara Raha, guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik.

“Kami tertibkan mulai dari parkiran, loket penjualan tiket jangan sampai banyak calo beraksi, hingga buruh siluman yang tidak terdata namanya di TKBM,” ungkapnya.

Pantuan arus mudik pada H-8 jelang hari raya Idul Fitri 1439 hijiriah dirangkaikan dengan berbagi takjil gratis yang menyasar para Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), ABK, ojek, serta para penumpang.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 17.00 wita tersebut, terselenggara dengan menggandeng Community NnZz Spdt Polres Muna dan ibu Bhayangkari Polsek Wilayah Pelabuhan Raha,

“Selain sedikit berbagi rezeki, giat berbagi takjil gratis ini dalam rangka melaksanakan intruksi pimpinan (Kapolres Muna) dalam program indahnya berbagi di bulan suci ramadhan bersama Polres Muna,” tutup Kamaruddin.

Laporan: Arto Rasyid
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.