SULTRAKINI.COM: Daihatsu meluncurkan varian baru, Xenia Custom, yang punya tampilan ala sport utility vehicle (SUV) beberapa hari yang lalu. Namun, ini hanya sekedar kosmetik saja, sementara secara teknis belum diubah seperti soal ground clearance maupun suspensinya.
Daihatsu: Konsumen Mulai Suka MPV Rasa SUV
Great New Xenia Custom. (Foto: kompas.com)

Bukan hanya sekedar produk baru, ini ternyata merupakan hasil dari studi pasar Daihatsu Indonesia terkait dengan minat konsumen. Supranoto, Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) pembeli low multi purpose vehicle ( LMPV) ingin mobilnya juga punya kesan sporty.

“Kebetulan konsumen sukanya sepeti itu sekarang. Jadi biasanya yang namanya sporty dan tangguh itu miliknya SUV, kali in bergeser sedikit, kalau customer MPV-pun maunya seperti itu,” ujar Supranoto saat dijumpai saat peluncuran Xenia Custom, Jumat (10/11/2017).

Great New Xenia Custom 2017.Ghulam/KompasOtomotif Great New Xenia Custom 2017.

“Secara berkala kami melakukan survey kepada customer keinginannya seperti apa. Hasilnya walaupun itu family car tapi kesan sporty itu juga ternyata diinginkan, maka dari itu kami masuk ke line up ini (Xenia Custom),” ucap Supranoto.

MPV dan SUV

Supranoto melanjutkan, antara kedua segmen tersebut saat ini mulai tipis perbedaanya, Ke depan akan semakin menggemuk model SUV rasa MPV maupun sebaliknya. Supranoto mengatakan karena memang itu adalah kebutuhan konsumen.

“Keduanya akan tetap berkembang. Seperti yang saya sampaikan, sekarang mulai ada percampuran antara SUV dan MPV. Karena memang SUV pun sekarang sudah 7-seater, dan itu berarti adalah family yang melekat pada model MPV,” tutur Supranoto.

Ketika ditanyakan apakah ke depanya MPV di bawah Astra arahnya akan rasa-rasa SUV, Supranoto enggan untuk menjawabnya. 


Sumber: kompas.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations