Iklan Clarion

DAK 2019 Buteng Menurun, Kadis Digenjot Cari Bantuan ke Pusat

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Dana Alokasi Khusus pemerintah kabupaten Buton Tengah dari pemerintah pusat di 2019 menurun drastis. 2018 DAK Buteng mencapai Rp. 160.175.959.000, sedangkan 2019 hanya sebesar Rp. 97.786.635.000.

Melihar kondisi tersebut, Bupati Buteng, Samahuddin, mengintruksikan kepala semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengusulkan sebanyak-banyaknya program ketingkat pusat, sehingga dapat diberikan bantuan dan berdampak pada peningkatan DAK ke depan.

“Semua OPD harus pandai menjual program dan meyakinkan pemerintah pusat agar DAK kita meningkat di tahun-tahun mendatang,” tuturnya saat diwawancara usai sidang paripurna DPRD Buteng, Kamis (29/11/2018).

Untuk itu, lanjutnya, dengan adanya alokasi anggaran yang sekarang ini, kegiatan pembangunan harus ikut menyesuaiakan dengan kemampuan anggaran yang ada. Sehingga semua OPD harus membuat program kegiatan secara optimal, tepat sasaran serta bermanfaat untuk kepentingan masyarakat yang disesuaikan dengan kebutuhan.

“Kalau tidak tepat sasaran dan tidak pada tempatnya atau tidak berpihak untuk kepentingan rakyat, saya akan coret,” tandasnya

Menurutnya menurunnya DAK di 2019 disebabkan anggaran pusat banyak dialihkan untuk menanggulangi bencana alam sepert gempa bumi di Lombok dan tsunami Palu, beberapa bulan lalu.

“Kita harus sabar, karena saudara-saudara kita di Lombok dan Palu yang tertimpa bencana kemarin harus dibantu cepat dan diprioritaskan,” pungkasnya

Ketua DPRD Kabupaten Buteng, Adam, menerangkan bahwa program yang telah disusun oleh Pemda telah sesuai dengan kebutuhan yang ada, karena sebagian besar programnya diambil pada Musrembang dan hasil reses dari anggota DPRD yang sesuai kebutuhan mereka.

“Sehingga semua kegiatan yang telah diprogramkan, dapat dirasakan dan bermanfaat langsung bagi masyarakat,” pungkasnya

Laporan: Ali Tidar
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.