SUARA

Dana Pengamanan Pilkada Buton 2017 Capai Rp5 Miliar

SULTRAKINI.COM : BUTON – Pemerintah Kabupaten Buton mengalokasikan dana pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buton tahun 2017 sebesar Rp 5 miliar, dengan pengalokasian untuk Polres Buton sebesar Rp3,9 Miliar dan Kodim Rp1,3 miliar.

Besaran angggaran ini sebagaimana tercantum dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani Pemda Buton, Kepolisian Resort Buton (Polres) dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1413 Buton, Rabu (14/9/2016) di Aula Kantor Bupati Buton.

Dalam sambutannya, Kapolres Buton, AKBP Andi Herman mengatakan, dengan ditandanganinya NPHD akan memudahkan Polres Buton untuk mensukseskan penyelenggaraan Pilkada tahun  2017, khususnya dalam menjaga stabilitas keamanan.

“Setelah ini kami akan laksanakan kegiatan seperti gelar pasukan dan kegiatan-kegiatan lainnya , dan kami ucapkan terimakasih kepada Pemda Buton atas dana hibah yang diberikan demi menjaga keamanan selama tahapan hingga pemungutan suara nanti,” ucapnya.

Menurutnya, untuk persiapan pengamanan Pilkada, pihaknya sudah melakukan beberapa kegiatan dengan menggunakan anggaran rutin Polres Buton. Rencananya dengan anggaran NPHD, akan digunakan untuk membiayai tambahan personil dari Kepolisian Daerah (Polda) Sultra.

yamaha

“Kami sudah laksanakan beberapa agenda. Namun, sementara kami gunakan anggaran rutin kami,” jelas AKBP Andi Herman.

Sementara itu, Dandim 1413/Buton Letkol Arh Rudi Ragil mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi Pemda Buton dalam pemberian dana hibah untuk mendukung dan mensukseskan Pilkada.

Sebab, tanpa adanya peran Pemda dipastikan pelaksanaan Pilkada tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan karena semua pasti akan membutuhkan anggaran. “Saya sangat apresiasi Pemda dalam mendukung dan mensukseskan Pilkada,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun mengungkapkan, penandatanganan NPHD merupakan bagian dari keseriusan Pemda dalam mendukung persiapan pengamanan baik Polres maupun Kodim saat Pilkada.

“Dan saya yakin, bapak-bapak di Kepolisian dan Kodim bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing yaitu memberikan kenyamanan kepada seluruh masyarakat,” jelasnya.

Untuk itu, Ketua DPW PAN Sultra ini berharap, pelaksanaan Pilkada Buton 2017 mendatang dapat berlangsung aman dan lancar sesuai dengan asas demokrasi yaitu lamgsung, umum, bebas dan rahasia (Luber) serta jujur dan adil (Jurdil).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.